Lintasi Pansela Jawa, Mampir Incipi 15 Kuliner Purworejo

- 30 April 2022, 16:41 WIB
Jipang, manis dan legit kuliner khas Purworejo
Jipang, manis dan legit kuliner khas Purworejo /Astrid Setya/

KARANGANYARNEWS - Mudik lewat darat dari Jakarta menuju Jawa Timur , atau sebaliknya dari Jawa Timur menuju Jawa Barat dan Sumatera, bisa dilalui lewat jalur Pantai Selatan Jawa atau disingkat Pansela Jawa.

Selain instagramable, jalur ini juga melewati banyak destinasi kuliner, salah satunya adalah kota Purworejo, yang berbatasan dengan beberapa kabupaten seperti Kebumen, Wonosobo, Magelang, Kulon Progo serta Samudra Hindia.

Jika lewat kota ini, jangan disia-siakan, karena makanan khasnya ada banyak. Berikut liputan KaranganyarNews.com serta dilansir dari Buku Mampir Yuk! Peta Kuliner Jalur Pulau Jawa, karya Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan tentang 15 kuliner khas Purworejo, yang sayang untuk dilewatkan.

1. Dawet Ayu

Dawet ayu Purworejo sangat kondang, apalagi rasa khas campuran santan, dawet, tape, serta gula jawanya selalu membuat rindu, termasuk rindu mampir ke Dawet Pos, Jl. Ahmad Yani No. 2 (Depan Kantor Pos), Purworejo.

2. Dawet Ireng

Jika cendol dawet ayu berwarna hijau, dawet ireng atau hitam, dihasilkan dari abu bakaran jerami yang dicampur air, yang dapat dinikmati di Warung Dawet Pos.

3. Sate Kambing Muda

Campuran kecap serta bumbu khas sate kambing muda di Purworejo sangat menggoda, apalagi daging yang digunakan adalah kambing muda. Yang penasaran rasa makanan khas Purworejo, bisa mampir ke Warung Pak Ahmad Keri Winong, Winong, Kemiri, Purworejo.

4. Gulai Kambing Muda

Halaman:

Editor: Kustawa Esye

Sumber: Kementrian Perhubungan Republik Indonesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x