Resep Se'i Non Haram Sambal Matah, Gurih, Lezat, Renyah, Lunak, Ueeeeenakkkk

- 27 Mei 2022, 01:52 WIB
Resep Se'i Sapi. (Foto hanya ilustrasi)
Resep Se'i Sapi. (Foto hanya ilustrasi) /Instagram/

KARANGANYARNEWS - Nah, ini dia resep se'i daging yang uenak sekali, sungguh sangat amat enak. Resep makanan khas Kupang, NTT (Nusa Tenggara Timur) ini bisa dijamin bikin Anda ketagihan menyantapnya.

Se'i atau se'i artinya daging tipis yang diiris memanjang. Dari tempat asalnya, kuliner khas Pulau Timor itu banyak memakai daging babi sebagai bahannya. Tapi ketika mulai populer di daerah lain, maka penjual se'i menggantinya dengan daging sapi.

Meskipun menggunakan daging sapi, citarasanya tetap uenak dan outentik, selama teknis memasak dan racikannya sama. Teknik memasak tradisional dari Suku Molo, masyarakat Kepulauan Timor, khususnya wilayah Timor Barat dan Timor Tengah Selatan ini menggunakan teknik mematangkan daging dengan menggunakan arang yang diletakkan jauh dari tempat pemanggangannya.

Baca Juga: Belasan Sapi Terpapar PMK, Pemkab Wonogiri Lockdown Pasar Hewan Selama 2 Minggu

Adapun jarak antara tempat meletakkan daging dengan arang, bahkan bisa sampai dua meter. Resep agar asap tidak meresap ke daging dan memengaruhi rasa daging.

Suku Molo yang tinggal di Pegunungan Mutih, wilayah Timor Tengah Selatan, melakukan se'i dengan meletakkan daging di atas bara tanpa asap sama sekali. Tungku untuk menyalakan bara api terpisah dengan tempat mematangkan daging.

Bara api harus terus menyala tanpa dikipas agar tidak menghasilkan asap. Memasaknya bisa berjam-jam bahkan sampai berhari-hari. Maka tidak heran jika se'i yang diual rata-rata harganya agak mahal.

Nah, ini dia resep se’i daging sapi yang dikutip dari laman resmi Indonesia :

Resep Se’i Sambal Matah

Halaman:

Editor: Ken Maesa Pamenang

Sumber: indonesia.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x