Perhatikan Hal Ini Sebelum Memilih Keris, Agar Tidak Muncul Masalah

- 18 Juli 2022, 21:18 WIB
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih keris untuk dikoleksi, salah satunya unsur kelahiran
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih keris untuk dikoleksi, salah satunya unsur kelahiran /Klasik Herlambang/Karanganyar News

KARANGANYARNEWS - Perbedaan energi antara pusaka dengan pemiliknya, diyakini bisa memicu munculnya permasalahan-permasalahan pada sang pemilik.

Karena itulah, seorang kolektor hendaknya mempertimbangkan banyak hal sebelum memilih sebilah keris untuk dikoleksi.

Hal ini disampaikan oleh budayawan dan empu keris asal besalen Brojodiningrat, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, almarhum Empu Totok Brojodiningrat.

Menurutnya kesesuaian energi haruslah jadi pertimbangan utama, agar sebuah keris bisa memberi efek positif pada pemiliknya.

Baca Juga: Mengintip Rahasia Pembuatan Keris Sakti di Padepokan Brojobuwono Karanganyar

“Tidak bisa dipungkiri bahwa faktor non fisik masih tetap dijadikan pertimbangan utama, saat seseorang memutuskan membeli sebilah keris. Karena itulah, berbagai hal yang menyangkut energy dalam diri seseorang harus dipertimbangkan. Tujuannya tentu agar terjadi kesesuaian energy, yang membuat harapan dari si pemilik keris itu bias dengan mudah tercapai,” jelas Empu Totok seperti dikutip dari Majalah LIBERTY edisi April 2016.

Dan faktor wuku kelahiran adalah hal yang menurut Empu Totok memiliki pengaruh besar.

Sebab dari wuku kelahiran inilah, sebenarnya seseorang sudah ditetapkan harus berpasangan dengan keris jenis apa.

Sehingga harmonisasi energy akan terjadi dalam kehidupannya, saat seseorang mengoleksi jenis keris yang sesuai dengan wuku kelahirannya tersebut.

Karena itulah Empu Totok menjelaskan bahwa salah satu hal yang selalu ditanyakan seorang empu saat akan membuat sebilah keris, adalah unsur-unsur kelahiran pemesannya, dalam hal ini wukunya.

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x