Mengintip Rahasia Pembuatan Keris Sakti di Padepokan Brojobuwono Karanganyar

- 14 Juli 2022, 23:10 WIB
Proses pembuatan keris sakti di Padepokan Brojobuwono Karanganyar
Proses pembuatan keris sakti di Padepokan Brojobuwono Karanganyar /Klasik Herlambang/Karanganyar News

KARANGANYARNEWS - Standart yang sangat ketat, diterapkan oleh Padepokan Brojobuwono Karanganyar, dalam menciptakan sebilah keris yang berkualitas. Yang mana hal itu merupakan pakem dan tradisi dari para empu sakti di masa lalu.

Hal itu bisa dilihat saat kita berkunjung ke padepokan yang berada di Desa Wonosari, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah tersebut.

Seperti yang telihat beberapa waktu lalu, tampak tiga orang pria berpakaian serba putih sedang mengarahkan palu besar yang digenggamnya ke permukaan besi membara di depannya.

Dan tak ayal, percikan bunga api pun terlontar ke berbagai arah, akibat benturan palu dengan besi membara itu.

Baca Juga: Keris Kyai Pamot, Simbol Kelahiran Karanganyar, Berusia 104 Tahun, Warisan KGPAA Mangkunegara VIII

Aktifitas seperti ini hampir tiap hari bisa ditemui di dalam padepokan tersebut. Karena order pesanan pembuatan keris di besalen ini terbilang cukup banyak.

Sehingga sang pemilik, yang tak lain adalah Empu Basuki Teguh Yuwono memang hampir tiap hari selalu melakukan proses pembuatan.

“Kebetulan kami sedang membuat keris pesanan dari seorang pejabat di Jakarta. Tapi untuk jenisnya kami tidak bisa memberitahukannya,” ujar Empu Basuki singkat.

Besalen yang diberi nama Padepokan Brojobuwono itu selama ini memang dikenal sebagai salah satu besalen yang kerap menjadi jujugan para kolektor untuk mendapatkan keris-keris berkualitas.

Sebab di padepokan ini, Empu Basuki berusaha untuk menerapkan standard yang ketat dalam proses pembuatan keris-kerisnya.

Baca Juga: Keris Desa Aeng Tong-tong, Terpilih Jadi Suvenir Side Event G20

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x