Tokopedia dan HIPPINDO Gelar Vaksinasi Gratis bagi Pelaku UMKM Semarang

- 29 Juli 2021, 12:09 WIB
Seorang petugas kesehatan tengah menyuntikan vaksin dalam vaksinasi gratis yang diselenggarakan Tokopedia dan HIPPINDO di Auditorium Universitas Diponegoro, Semarang, Rabu (28/7/2021).
Seorang petugas kesehatan tengah menyuntikan vaksin dalam vaksinasi gratis yang diselenggarakan Tokopedia dan HIPPINDO di Auditorium Universitas Diponegoro, Semarang, Rabu (28/7/2021). /Dokumentasi/Tokopedia

KARANGANYARNEWS-Guna mendukung penanganan pandemi sekaligus pemulihan ekonomi, Tokopedia bersama Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) menghadirkan sentra vaksinasi khusus UMKM di Semarang.

Vaksinasi yang diselenggarakan di Auditorium Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah itu juga berkolaborasi dengan Kemenkop dan UKM, TNI, serta Pemprov Jateng, KADIN Jateng, DPP dan DPD IKA UNDIP Jateng dan UNDIP Semarang.

Program vaksinasi itu berlaku untuk penjual asal Semarang di Tokopedia yang telah mendaftarkan diri melalui aplikasi Tokopedia. Pendaftar hanya perlu mengisi informasi sesuai KTP dan nama toko. Vaksin dosis pertama berlangsung mulai 28 Juli hingga 10 Agustus 2021 dan dosis kedua 25 Agustus hingga 7 September 2021.

“Kolaborasi bersama mitra strategis, dari pemerintah hingga mitra lintas sektor ini diharapkan dapat lebih melindungi masyarakat dari pandemi Covid-19, termasuk UMKM Semarang. Mengingat UMKM penyokong 60% PDB Indonesia sehingga dipercaya dapat mendorong pemulihan ekonomi," kata Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni.

Ketua Umum HIPPINDO, Budihardjo Iduansjah berharap setiap hari bisa melakukan vaksinasi bagi lebih banyak masyarakat. Mulai dari UMKM, tenaga kerja industri, karyawan serta masyarakat umum, khususnya di Jawa Tengah.

"Percepatan vaksinasi Covid-19 bersama Tokopedia dan mitra strategis lainnya adalah kunci dalam menghadapi pandemi ini," kata Budi.

Program sentra vaksinasi khusus UMKM di Semarang itu mendapat apresiasi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Menururut Ganjar, kehadiran sentra vaksinasi hasil kolaborasi antara Pemprov Jateng dan para mitra strategis itu bisa membantu merealisasikan target herd immunity sampai 70 persen di akhir tahun ini.

"Upaya ini juga untuk mempercepat program vaksinasi nasional bagi masyarakat luas, termasuk UMKM Semarang, demi sekaligus mendorong pemulihan ekonomi nasional.”

Senada dengan Ganjar, Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, tindakan preventif, termasuk penerapan protokol kesehatan dan percepatan vaksinasi, saat ini terus menjadi fokus Pemerintah Kota Semarang dalam upaya menangani pandemi COVID-19.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah