Terima Lagi Anugrah Provinsi Terinformatif, Jateng Raih Nilai Tertinggi

- 27 Oktober 2021, 04:22 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo seusai menerima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021, diserahkan Wakil Presiden Ma'ruf Amin secara virtual
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo seusai menerima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021, diserahkan Wakil Presiden Ma'ruf Amin secara virtual /Humas Pemprov Jateng/

KARANGANYARNEWS – Pemprov Jateng meraih nilai tertinggi dan mendapatkan lagi Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2021, mengungguli Provinsi DKI ysng bersds di peringkst kedus.

“Total nilai yang diraih Jateng 98,17, disusul Provinsi DKI Jakarta dengan nilai 96,4,” kata Gubernur Ganjar Pranowo seusai menerima Anugrah Keterbukaan Informasi Publik 2021, dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Selasa 26 Oktober 2021.   

Gubernur Jatebeng yang sedang berada di Sukoharjo, mengikuti secara daring dari ruang tunggu bioskop di The Park Solo Mall. Menurutnya, keempat kalinya Jateng yang terbaik dalam penganugerahan ini.

Baca Juga: Atlet Taekwondo Belia ‘Ditantang’ Gubernur, Sekar 20 Hari Raih 4 Mendali Emaaas

"Banyak informasi yang publik itu harus tahu, ini right to know. Hak untuk bisa tahu dari rakyat harus dipenuhi dan itu dijaga marwahnya," kata Gubernur Jateng menambahkan.

Ganjar Pranowo menilai, keterbukaan informasi publik ini tak sekadar hak namun juga bisa dijadikan pedoman. Misalnya jika masyarakat mendapatkan informasi keliru, bisa dilakukan klarifikasi langsung.

"Kemarin ada orang yang cerita di medsos, pengadaan barangnya mark up luar biasa. Begitu saya konfirmasi ternyata 'lho pak kok membandingkannya dengan orang yang jualannya bekas'. Klarifikasi itu penting, data yang kita miliki di informasi publik bisa dijadikan pedoman," kata dia.

Baca Juga: Dibalik Nestapa Keluarga Gilang Endi, Mulyati: Mayatnya Penuh Luka Memar dan Lebam

Diharapkan berharap keterbukaan informasi juga bisa diikuti oleh BUMD-BUMD,  atau lembaga lain di daerah. Selain soal reward, menurutnya juga merupakan hak masyarakat untuk tahu.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x