Status Merapi Hari Ini Tetap Siaga, Berikut Area yang Masuk Potensi Bahaya

- 10 Maret 2022, 12:05 WIB
Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental, aktivitas vulkanik Gunung Merapi hari ini ditetapkan masih tetap pada tingkat siaga. (Foto: BPPTKG)
Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental, aktivitas vulkanik Gunung Merapi hari ini ditetapkan masih tetap pada tingkat siaga. (Foto: BPPTKG) /

KARANGANYARNEWS - Status Merapi Hari Ini Tetap Siaga, Berikut Area yang Masuk Potensi Bahaya. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi, melaporkan hingga saat ini aktivitas erupsi Gunung Merapi terhitung masih tinggi, di mana guguran terjadi rata-rata sebanyak 140 kali per hari.

Aktivitas vulkanik internal juga masih tinggi ditunjukkan oleh data seismisitas dan deformasi.

Seismisitas internal (VTB dan MP) terjadi lebih dari kali per hari, sedangkan laju deformasi EDM RB1 sebesar 3,5 mm per hari.

Kepala Badan Geologi, Eko Budi Lelono, menyatakan hingga saat ini status Gunung Merapi masih tetap pada tingkat siaga.

Baca Juga: Primbon Kamis Kliwon; Inilah Jalur Bebas Hambatan Penjemput Rejekmu

"Berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental, maka dapat kami simpulkan aktivitas vulkanik Gunung Merapi ditetapkan masih tetap pada tingkat siaga," kata dia, dikutip dari siaran pers Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kamis, 10 Maret 2022.

Eko Budi Lelono mengungkapkan, potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor Selatan-Barat Daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal 5 km, Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 km.

Pada sektor Tenggara meliputi Sungai Woro sejauh maksimal 3 km dan Sungai Gendol 5 km.

"Lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak," lanjut Eko Budi Lelono.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Siaran Pers


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x