Tekan Deforestasi dengan penerapan Indonesia FoLU Net Sink 2030

- 2 Mei 2022, 22:21 WIB
Ilustrasi Indonesia FoLU Net Sink 2030 bisa menjadi salah satu strategi untuk menekan deforestasi
Ilustrasi Indonesia FoLU Net Sink 2030 bisa menjadi salah satu strategi untuk menekan deforestasi /Oyso/Pixabay

KARANGANYARNEWS - Forestry and Other Land Use (FOLU) Net Sink Indonesia 2030 menjadi salah satu cara melaksanakan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat, dengan menekan laju deforestasi demi kelestarian hutan dan lingkungan.

Hal ini disampaikan oleh Duta Besar Indonesia untuk Republik Korea Gandi Sulistyanto pada saat membahas tentang deforestasi di sesi paralel Kongres Kehutanan Sedunia ke-15, yang diselenggarakan di Seoul, Republik Korea, Senin (2/5/2022)

Indonesia FoLU Net Sink 2030 adalah sebuah strategi untuk mencapai kondisi agar penyerapan gas rumah kaca (GRK) di sektor kehutanan dan penggunaan lahan (Forestry and Other Land Use/FoLU) sudah seimbang atau lebih besar dibandingkan emisinya pada 2030.

Baca Juga: Keistimewaan Bulan Syawal dan Serangkaian Tradisi yang Menyertainya

Pencapaian Indonesia Net Sink FOLU akan berkontribusi hingga 60 persen dari target Net Zero Emmision pada tahun 2060 sebagai bagian dari kontribusi Indonesia untuk mencegah bencana perubahan iklim.

Keterlibatan seluruh stakeholder terkait, termasuk swasta, dalam mencapai Indonesia Net Sink FOLU memang menjadi penekanan Menteri LHK Siti Nurbaya seperti disampaikan saat Workshop Konsolidasi Indonesia’s FOLU Net Sink 2030 pada 4 April 2022.

Menteri LHK telah menerbitkan Dokumen Rencana Operasional Indonesia FOLU Net Sink 2030 lewat Surat Keputusan Menteri LHK Nomor 168 tahun 2022.

Menteri meminta rencana operasional tersebut dipatuhi dengan disiplin tanpa kecuali oleh jajaran pemerintah pusat, pemerintah daerah, LSM, swasta dan pihak-pihak terkait.

Indonesia FoLU Net Sink telah memiliki payung hukum yang kuat dan memiliki rencana operasi detil yang diatur berdasarkan Keputusan Menteri LHK

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x