Masih Berstatus Siaga, Warga Sekitar Gunung Awu Diminta untuk Selalu Waspada

- 31 Mei 2022, 16:34 WIB
Gunung Awu di Kepulauan Sangihe Sulut berpotensi erupsi
Gunung Awu di Kepulauan Sangihe Sulut berpotensi erupsi /Antara

KARANGANYARNEWS - Warga di daerah Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara diminta untuk tetap waspada sehubungan dengan status Gunung Awu yang masih Siaga.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe, Wandu Labesi, pada Selasa (31/5/2022) seperti dikutip dari Antara.

"Saat ini, status Gunung Awu masih siaga level 3, sehingga warga diminta tetap waspada," kata Wandu Labesi di Tahuna, Sulawesi Utara.

Baca Juga: 77 Gempa Guguran Terjadi di Gunung Merapi pada Hari Minggu

Menurut dia, dengan status Gunung Awu tersebut, warga dilarang beraktivitas terlalu dekat dengan puncak gunung berapi tersebut.

"Kami masih melarang warga beraktivitas di wilayah sekitar 3,5 kilometer dari puncak Gunung Awu," lanjutnya.

Menurut dia, dalam kondisi level 3 saat ini, BPBD Sangihe minta warga beraktivitas seperti biasa sambil tetap meningkatkan kewaspadaan.

Baca Juga: Lakukan Pendakian Tanpa Izin, 13 Wisatawan Dilaporkan Hilang di Gunung Changshan

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar beraktivitas seperti biasa di luar kawasan 3,5 kilometer dari puncak Gunung Awu sambil tetap waspada," kata dia.

Dia juga meminta, warga agar tidak mempercayai berbagai informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya selain dari pemerintah.

"Pemerintah secara berjenjang akan memberikan informasi kepada masyarakat terhadap status Gunung Awu termasuk langkah yang harus dilakukan oleh masyarakat," tandasnya.***

Editor: Klasik Herlambang

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah