Ngeri! Cacar Monyet Serang 75 Negara, Indonesia Masuk Daftar?

- 28 Juli 2022, 09:05 WIB
Mengenali cacar monyet dan cara mencegah penularannya. Monkeypox alias cacar monyet adalah virus zoonosis (virus yang ditularkan ke manusia dari hewan). (Foto: Pixabay/SharonMcCutcheon)
Mengenali cacar monyet dan cara mencegah penularannya. Monkeypox alias cacar monyet adalah virus zoonosis (virus yang ditularkan ke manusia dari hewan). (Foto: Pixabay/SharonMcCutcheon) /

KARANGANYARNEWS - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan hingga saat ini belum ditemukan kasus konfirmasi cacar monyet atau monkeypox di Tanah Air.

Alhamdulillah, sampai saat ini belum ditemukan kasus monkeypox di Indonesia. Sebelumnya, ada sembilan kasus yang diduga terinfeksi monkeypox. Usai dilakukan pemeriksaan PCR, kesembilan orang tersebut dinyatakan negatif monkeypox,” kata Juru Bicara Covid-19 Kemenkes, Moh Syahril dalam keterangan pers “Update Perkembangan Cacar Monyet di Indonesia”, Rabu, 27 Juli 2022 secara virtual, dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet RI, setkab.go.id.

Sejak ditemukan kali pertama pada 6 Mei 2022 di Inggris, penyebaran monkeypox di dunia terus meluas.

Baca Juga: Begini Proses hingga Hasil Autopsi Brigadir Joshua, Ada Kendala yang Dihadapi Tim Forensik

Tercatat hingga 27 Juli, sebanyak 17.156 orang di 75 negara dikonfirmasi terinfeksi di mana 69 di antaranya bukan negara endemis monkeypox.

Spanyol menjadi negara dengan jumlah kasus terbanyak disusul Amerika Serikat dan Prancis.

Syahril menyampaikan, berbagai mitigasi telah dilakukan Kemenkes untuk mengantisipasi masuk dan menyebarnya cacar monyet di Indonesia.

Upaya dilakukan di antaranya, memperkuat pemeriksaan surveilans di pintu masuk negara baik melalui jalur darat, laut dan udara.

Baca Juga: Panen Hujatan dan Sindiran, Baim Wong Lepas Citayam Fashion Week

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x