Isi Pidato Lengkap AH Nasution saat Pelepasan Jenazah Para Jenderal Revolusi Korban G30S PKI

- 30 September 2022, 17:36 WIB
Isi pidato lengkap Jenderal AH Nasution saat pelepasan jenazah para jenderal revolusi korban Gerakan 30 Septermber 1965 (G30S) PKI. (Dok. Istimewa)
Isi pidato lengkap Jenderal AH Nasution saat pelepasan jenazah para jenderal revolusi korban Gerakan 30 Septermber 1965 (G30S) PKI. (Dok. Istimewa) /

KARANGANYARNEWS - Isi Pidato Lengkap AH Nasution saat Pelepasan Jenazah Para Jenderal Revolusi Korban G30S PKI. Gugurnya tujuh jenderal dalam peristiwa Gerakan 30 Septermber 1965 hingga saat ini masih menyimpan misteri dan menjadi salah satu peristiwa kelam negeri ini.

Terlepas dari berbagai hal melatarbelakangi peristiwa itu, almarhum Jenderal AH Nasution menjadi korban selamat dalam penculikan para jenderal.

Saat menyampaikan pidatonya melepas jenazah teman sejawatnya, terdengar suaranya bergetar menahan tangis, sedih, dan kemarahan.

Baca Juga: Hasil Persis Vs PSM Makassar Liga 1, Laskar Sambernyawa Kurang Beruntung

"Mohon maaf para prajurit sekalian, kawan-kawan sekalian, terutama rekan-rekan yang sekarang kami sedang lepaskan, bismillahirrahmanirrahim. Hari ini, Hari Angkatan Bersenjata kita yang selalu gemilang, tapi yang kali ini, hari yang dihinakan oleh fitnahan, dihinakan oleh khianatan, dihinakan oleh penganiayaan, tetapi Hari Angkatan Bersenjata kita, kita setiap prajurit tetap rayakan," kata Jenderal AH Nasution yang videonya diunggah akun TikTok Hamdan Shof dari cuplikan film Pengkhianatan G30S PKI karya Arifin C Noer.

"Dalam hati selalu baris kita dengan tekad kita, dengan nama Allah yang Maha Kuasa bahwa kita akan tetap menegakkan kejujuran, kebenaran, keadilan," sambungnya.

Jenderal Nasution lantas menyebutkan nama-nama para jenderal yang menjadi korban tragedi berdarah 30 September 1965.

Baca Juga: Hugh Jackman Bintangi Wolverine di Film Deadpool 3, Logan Hidup Lagi?

Ia pun menyatakan para prajurit yang telah ditinggalkan mempunyai tugas meneruskan perjuangan dan tugas suci Angkatan Bersenjata Republik Indonesia, yakni membela Tanah Air.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: TikTok


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x