Erupsi Gunung Merapi, Presiden Jokowi Resmikan Jalan Jalur Evakuasi

- 22 Januari 2024, 18:05 WIB
Gunung Merapi erupsi lagi, Presiden Jokowi resmikan empat ruas jalan jalur evakuasi di Kabupaten Magelang
Gunung Merapi erupsi lagi, Presiden Jokowi resmikan empat ruas jalan jalur evakuasi di Kabupaten Magelang /foto: jccnetwork/

KARANGANYARNEWS - Presiden Jokowi resmikan jalan jalur evakuasi warga lereng Gunung Merapi di Kabupaten Magelang, Senin 22 Januari 2024. Sehari sebelummnya, Kabupaten Boyolali dan Klaten diguyur hujan abu erupsi Gunung Merapi.

"Ruas jalan Muntilan-Keningar, Sukomakmur ini akses atau jalur evakuasi untuk warga lereng Gunung Merapi, perlu saya lihat, saya tunjuk dan sudah selesai," kata Presiden RI saat meresmikan Inpres Jalan Daerah di Kabupaten Magelang. 

Perbaikan empat ruas jalan ini diantaranya di Muntilan, Keningar, Sukomakmur dan Petung Pakis. Keseluruhannya di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

 Baca Juga: Erupsi Merapi, Ini 7 Kecamatan di Boyolali yang Sempat Dilanda Hujan Abu

"Merupakan implementasi Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah di Provinsi Jawa Tengah," terang Presiden Jokowi sebagaimana dilansir dari  akun YouTube Sekretariat Presiden, Senin 22 Januari 2024.

Presiden merinci, anggaran Inpres Jalan Daerah untuk perbaikan dan pembangunan jalan tahun 2023 dialokasikan sebesar Rp14,6 triliun. Di Provinsi Jawa Tengah, pemerintah menganggarkan sebesar Rp1,36 triliun untuk memperbaiki dan membangun 40 ruas jalan.

 

Hujan Abu di Kabupaten Boyolali dan Klaten

Teruntuk di Kabupaten Magelang, empat ruas jalan sepanjang 18,2 kilometer yang diresmikan Presiden ini menggunakan anggaran Rp31,9 miliar.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah