Quartararo Komentari Aspal Sirkuit Mandalika

- 18 Maret 2022, 18:45 WIB
Fabio Quartararo
Fabio Quartararo /Instagram

KARANGANYARNEWS - Komentar tentang Sirkuit Pertamina Mandalika diungkapkan Fabio Quartararo. Pembalap tim Monster Energy Yamaha itu mengaku kondisi aspal sirkuit tersebut jauh lebih baik.

Sebagian lintasan menurut Quartararo jauh lebih baik setelah diaspal ulang sebelum berlangsungnya Grand Prix of Indonesia yang dijadwalkan akhir pekan ini.

Lebih lanjut Quartararo juga mendapati dirinya sebagai yang tercepat di kedua sesi latihan bebas, Jumat 17 Maret 2022. Dalam latihan itu, ia mencetak lap terbaik 1:31,608 di FP2.

Baca Juga: Kumpulan Foto Udara Sirkuit Mandalika, Waww Indahnya

"Terasa berbeda, terakhir kali saat tes pramusim batu-batu terlempar, kali ini (serpihan) lebih kecil, jadi ini lebih baik," kata Quartararo menanggapi kondisi aspal sirkuit di pesisir selatan Lombok itu.

Saat sesi tes pramusim pada 11-13 Februari, para pebalap mengeluhkan kondisi lintasan yang kotor, berdebu dan aspal yang terkelupas. Belum lagi serpihan aspal atau batu-batu kecil yang terlontar ke arah mereka layaknya peluru ketika melaju di belakang pebalap lain.

Sebagai sirkuit baru, kondisi lintasan juga kurang bersahabat bagi pebalap karena masih sempitnya racing line saat itu karena belum banyak karet ban yang menempel di aspal sehingga para pebalap tak mampu mendorong motor mereka mencapai limitnya.

Baca Juga: Mau Piknik Usai Nonton MotoGp di Mandalika, Ini Dia 5 Desa Wisata Paling Indah di NTB

Berkaca dari hasil tes pramusim, Dorna Sports dan FIM mengidentifikasi dua area yang perlu diperbaiki, yaitu kebersihan permukaan trek dan banyaknya agregat, seperti pasir, debu dan kerikil atau pecahan batu, yang berada di atas lintasan dan merekomendasikan pengaspalan ulang sejumlah bagian lintasan sebelum Tikungan 17 hingga setelah Tikungan 5, atau sekitar 17,5 persen dari total lintasan.

Halaman:

Editor: Abednago Afriadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x