Gorontalo Karnaval Karawo 2022 dengan 14 Daya Pikatnya

- 6 Juni 2022, 14:45 WIB
Gorontalo Karnaval Karawo 2022 bukti untuk melestarikan warisan leluhur
Gorontalo Karnaval Karawo 2022 bukti untuk melestarikan warisan leluhur /Dokumentasi : indonesia.travel/

KARANGANYARNEWS - Indonesia adalah juaranya kearifan lokal, yang memiliki banyak atraksi budaya, destinasi wisata, serta destinasi kuliner. 

Sebut saja kain tradisional, banyak dihasilkan dari berbagai daerah di seluruh penjuru nusantara, sehingga keragaman kain tradisional di negeri ini pun tak terhitung jumlahnya. 

Salah satu kain kebanggaan Indonesia adalah kain unik khas Gorontalo yakni kain karawo, yang pembuatannya paling cepat mencapai dua minggu untuk menghasilkan satu Kain Karawo.

Begitu istimewanya Kain Karawo hingga Dinas Pariwisata Kabupaten Boalemo menggelar festival besar sebagai wujud untuk menjaga melestarikan warisan budaya Kain Karawo. 

Festival bertajuk Gorontalo Karnaval Karawo 2022 ini mengusung tema “Gorontalo Inspiring Sulawesi” yang digelar secara hybrid Senin (6/6/2022) sampai Rabu (8/6/2022) di Grand Palace Convention Center Kota Gorontalo.

Berikut 14 daya pikat tentang Gorontalo Karnaval Karawo 2022 yang dilansir dari indonesia.travel serta Instagram @kemenparekraf.ri. 

1. Warisan Nenek Moyang

Kain Karawo yang diboyong dalam event Gorontalo Karnaval Karawo sudah digelar dari tahun 2011, yang merupakan warisan nenek moyang yang pantas untuk diberitahukan kepada khalayak tentang keindahan serta filosofinya. 

2. Tanpa Bantuan Mesin

Kain yang sudah ada sejak abad ke-17 ini memang sudah diakui sebagai warisan budaya tanah Gorontalo, namun untuk membuat sehelai kain karawo, dibutuhkan kesabaran serta ketelitian yang tinggi, sehingga dapat membentuk ciri khas kain yakni indahnya hasil sulaman tangan tanpa bantuan mesin. 

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x