Kapal Patroli Polri Amankan 1 Ton Ikan dan 4 Kapal Ikan Berbendera Vietnam

- 1 September 2021, 00:16 WIB
Kapal Patroli Ditpolairud Baharkam Polri KP Bisma-8001 mengamankan 4 kapal ikan asing (KIA) berbendera Vietnam terkait pencurian ikan di Laut Natuna Utara (Dok. Istimewa/TribrataNews)
Kapal Patroli Ditpolairud Baharkam Polri KP Bisma-8001 mengamankan 4 kapal ikan asing (KIA) berbendera Vietnam terkait pencurian ikan di Laut Natuna Utara (Dok. Istimewa/TribrataNews) /

KARANGANYARNEWS - Kapal Patroli Ditpolairud Baharkam Polri KP Bisma – 8001 berhasil mengamankan empat unit kapal ikan asing (KIA) berbendera Vietnam yang tengah melakukan pencurian ikan di laut Natuna Utara. Empat unit kapal ini melakukan kegiatan ilegal fishing di wilayah Laut Natuna Utara dan sebanyak satu ton ikan.

Hal itu disampaikan Kabaharkam Polri, Komjen Pol Arief Sulistyanto, saat konferensi pers di Dermaga Pelabuhan Batu Ampar, Kota Batam, Selasa, 31 Agustus 2021.

Kronoliginya, menurut Kabaharkam Polri, pada Jumat, 27 Agustus 2021 lalu kapal patroli Dit Polairud Baharkam Polri KP Bisma – 8001 berhasil melakukan penangkapan terhadap empat unit KIA berbendera Vietnam.

Baca Juga: Aplikasi PeduliLindungi Aman, Dugaan Kebocoran Data pada Aplikasi e-HAC Lama

Kapal itu diamankan di wilayah perairan Natuna Provinsi Kepri.

Kapal ikan asing ini juga telah melakukan penangkapan ikan secara ilegal di wilayah Laut Natuna Utara yang masuk dalam Zona Ekonomi Eksklusif dan masuk dalam wilayah perairan Indonesia.

Saat ini kapal ikan asing itu telah ditarik dan berada di dermaga.

Sebanyak 40 orang diamankan terdiri atas 36 anak buah kapal (ABK) dan empat nakhoda dengan barang bukti empat unit kapal penangkap ikan dan satu ton ikan hasil tangkapan.

″Kami menempatkan sembilan unit kapal yang di bawah komando operasi Kapolda Kepri, dari sembilan unit kapal tersebut saya menempatkan satu orang perwira tinggi berpangkat Brigadir Jenderal untuk bertugas sebagai supervisor sekaligus pengendali dan berkoordinasi dengan Kapolda Kepri untuk bekerja sama dalam pengamanan laut,” papar Komjen Pol Arief Sulistyanto, dilansir dari Portal Berita Resmi Polri, TribrataNews.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: TribrataNews


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x