Kronologi Lengkap Kasus Saifuddin Ibrahim dari Menistakan Agama, ke Luar Negeri hingga Jadi Tersangka

- 3 April 2022, 10:52 WIB
Saifuddin Ibrahim
Saifuddin Ibrahim /YouTube /

KARANGANYARNEWS - Nama Saifuddin Ibrahim atau Abraham Ben Moses menjadi perhatian publik karena pernyataannya yang memicu kegaduhan. Sosok yang mengaku pendeta itu saat ini tengah diburu polisi karena telah menistakan agama.

Kegaduhan itu berawal saat Saifuddin Ibrahim meminta Menag (Menteri Agama), Yaqut Cholil Qoumas menghapus 300 ayat di dalam Al-Qur'an yang dicetak di Indonesia.

"Tiga ratus ayat yang menjadi pemicu hidup intoleran, pemicu hidup radikal, dan membenci orang lain karena beda agama, itu di-skip, atau direvisi, atau dihapuskan dari Al-Qur’an Indonesia. Ini sangat berbahaya sekali," kata Saifuddin Ibrahim melalui sebuah video yang kini masih beredar.

Video itu memang tidak lagi ditemukan di akun Youtube pribadi Saifuddin Ibrahim, tetapi rekamannya telah tersebar di berbagai media sosial, seperti YouTube dan Twitter.

Beberapa pihak menyayangkan pernyataan Saifuddin Ibrahim. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD yang sampai meminta Polri menyelidiki tayangan video Saifuddin Ibrahim.

Mahfud menilai, pernyataan Saifuddin Ibrahim meresahkan dan berpotensi memecah belah umat beragama di Indonesia. 

"Itu bikin gaduh dan bikin banyak orang marah. Oleh sebab itu, saya minta kepolisian segera menyelidiki itu dan kalau bisa segera ditutup akunnya, karena kabarnya belum ditutup sampai sekarang," kata Mahfud dalam keterangannya di kanal Youtube Kemenko Polhukam, Rabu 30 Maret 2022 lalu.

Dia juga berpesan kepada masyarakat untuk bebas berpendapat dan mengutarakan pendapat di muka umum, tapi jangan sampai memicu kegaduhan, tidak provokatif, dan tidak menistakan agama.

Dengan adanya video tersebut, Mahfud juga meminta masyarakat tidak terpancing dan menyerahkan kasus tersebut ke aparat penegak hukum.

Halaman:

Editor: Abednago Afriadi

Sumber: PMJ News Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x