Fenomena Unik Waduk Gajah Mungkur saat Kemarau, Ada Penampakan Makam Kuno

- 16 September 2023, 19:05 WIB
Fenomena unik Waduk Gajah Mungkur saat kemarau, ada penampakan makam kuno. Waduk ini telah beroperasi sejak 1982 silam untuk membendung aliran Sungai Bengawan Solo. (Foto: Instagram/@ow.wgm/@habibbibol)
Fenomena unik Waduk Gajah Mungkur saat kemarau, ada penampakan makam kuno. Waduk ini telah beroperasi sejak 1982 silam untuk membendung aliran Sungai Bengawan Solo. (Foto: Instagram/@ow.wgm/@habibbibol) /

KARANGANYARNEWS Fenomena Unik Waduk Gajah Mungkur saat Kemarau, Ada Penampakan Makam Kuno. Musim kemarau membuat banyak aliran sungai mengering, tak terkecuali Waduk Gajah Mungkur Wonogiri. Debit air waduk ini terlihat menyusut sejak Agustus lalu dan semakin mengering pada September ini.

Gajah Mungkur tercatat sebagai waduk terbesar di Indonesia ini diketahui telah beroperasi sejak 1982 silam untuk membendung aliran Sungai Bengawan Solo.

Mengeringnya Waduk Gajah Mungkur memunculkan beberapa fenomena yang hanya dapat dilihat saat musim kemarau tiba.

Baca Juga: Review dan Sinopsis Film Horor The Nun II, Teror Valak kian Mencekam

Apa saja itu, berikut ulasannya, dirangkum dari berbagai sumber.

  1. Munculnya makam kuno

Saat musim kemarau terlihat puing-puing nisan makam kuno di pesisir sungai yang masuk wilayah Kecamatan Wuryantoro. Beberapa nisan terlihat bertuliskan tahun 1977 dan 1957, ada pula bertuliskan aksara Jawa.

Diketahui, tempat ini dulunya merupakan daerah pemukiman dan area pemakaman yang ikut tergenang saat pembangunan proyek Waduk Gajah Mungkur (WGM).

Baca Juga: 9 Cara Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa Dibuka, Dijamin Work

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x