Apa Itu Sumbu Filosofi Jogja yang Ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Dunia?

- 20 September 2023, 12:05 WIB
Apa itu Sumbu Filosofi Jogja yang ditetapkan UNESCO sebagai warisan dunia. Penetapan ini dilakukan pada Sidang Luar Biasa ke-45 di Riyadh, Arab Saudi. (Foto: Instagram/@jogjaku)
Apa itu Sumbu Filosofi Jogja yang ditetapkan UNESCO sebagai warisan dunia. Penetapan ini dilakukan pada Sidang Luar Biasa ke-45 di Riyadh, Arab Saudi. (Foto: Instagram/@jogjaku) /

KARANGANYARNEWS – Apa Itu Sumbu Filosofi Jogja yang Ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Dunia? Baru-baru ini Komite Warisan Dunia PBB melalui UNESCO menetapkan Sumbu Filosofi Yogyakarta (Jogja) sebagai warisan dunia (world heritage). Penetapan ini dilakukan pada Sidang Luar Biasa ke-45 di Riyadh, Arab Saudi.

Acara digelar dari 10 hingga 25 September 2023 turut dihadiri Duta Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi Abdul Aziz Ahmad, Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) KGPAA Sri Paduka Paku Alam X, dan beberapa pejabat DIY lainnya.

Penghargaan warisan dunia UNESCO ini memperihatkan bagaimana nilai-nilai budaya tinggi Yogyakarta sebagai representasi keistimewaan dan jati diri wilayah Yogyakarta. Adanya budaya Yogyakarta ini juga turut berkontribusi bagi kesejahteraan dunia.

Baca Juga: Yeni Inka Lahirkan Putri Pertamanya, Ini Dia Nama Sang Buah Hati dan Artinya

Sri Paduka Paku Alam X juga menyampaikan rasa syukur dan bangganya Yogyakarta mampu membuktikan Sumbu Filosofi Yogyakarta dikenal dunia dengan nama Cosmological Axis of Yogyakarta and Its Historic Landmarks kini bukan hanya dimiliki masyarakat Indonesia secara khusus, namun sudah menjadi milik dunia.

“Kami merasa terhormat dapat menyumbangkan mutiara ini ke dalam daftar Warisan Dunia yang merupakan perpaduan indah anatara warisan budaya benda dan tak benda,” ucap Abdul Aziz pada sistus resmi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Yogyakarta.

Sumbu Filosofi Jogja sah diterima secara penuh menjadi Warisan Budaya Dunia tanpa sanggahan.

Baca Juga: Fitur Huawei MatePad Pro 13.2 yang bakal Diluncurkan Bulan Ini, Pesaing Tangguh Tablet Premium

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x