Pelatihan Tular Nalar, Selvi Ananda: Lansia Rentan Kriminalitas Dunia Maya

- 29 Juni 2022, 07:15 WIB
Selvi Ananda bersama Tim Pelatihan Tular Nalar untuk lansia dan MAFINDO Soloraya
Selvi Ananda bersama Tim Pelatihan Tular Nalar untuk lansia dan MAFINDO Soloraya /Dok Cosmos/

KARANGANYARNEWS - Selain rentan di ruang digital, saat ini Lansia juga menjadi kelompok paling rawan kriminalitas dunia maya.

Realitanya saat ini, banyak orang yang tidak bisa membedakan mana hoaks, mana yang bukan hoaks. Tak jarang diantara kita langsung share, padahal itu informasi hoaks atau informasi bohong.

Demikian ditegaskan Ketua TP PKK Kota Surakarta,  Selvi Ananda yang juga istri Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, dalam acara Pelatihan Tular Nalar, Senin, 27 Juni 2022.

Baca Juga: Sukses Curi Perhatian Ganjar, Petani Bergas Minta Hadiah Dibuatkan Embung

Acara yang diikuti puluhan lansia ini, disebutkan kerja sama antara TP PKK Kota Surakarta dengan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO) Wilayah Soloraya.

Kegiatan literasi digital Tular Nalar, menurutnya  berfokus pada penyediaan materi pembelajaran tentang berpikir kritis dalam berliterasi media, membantu audiens menavigasi tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran online.

Dalam acara yang sama, Presidium MAFINDO Soloraya, Niken Satyawati menyampaikan berdasarkan survei yang dilakukan Katadata Insight Center dan Kominfo tahun 2021.

Baca Juga: Profil dan Foto-Foto Marshanda yang Sempat Dikabarkan Hilang di LA  

“Dalam survey tadi terdapat 3,6 persen kelompok lansia pengguna internet,  sebagai kelompok rentan digital. Lansia rentan jadi sasaran hoaks, penipuan digital, hingga hoaks kesehatan,” terang dia.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x