Gunung Kemukus Viral Lagi, Bupati Yuni Sukowati Melepas Kelambu Pangeran Samudra

- 31 Juli 2022, 23:35 WIB
Tradisi ritual Gunung Kemukus, Bupati Sragen Yuni Sukowati menyerahkan kelambu Pangeran Samudra kepada Camat Sumberlawang, untuk dikirab dan dicuci
Tradisi ritual Gunung Kemukus, Bupati Sragen Yuni Sukowati menyerahkan kelambu Pangeran Samudra kepada Camat Sumberlawang, untuk dikirab dan dicuci /Diskominfo Sragen/

KARANGANYARNEWS - Gunung Kemukus yang pernah menguncang dunia karena wisata ritual seks, awal bulan Sura tahun ini viral lagi.

Kali ini viralnya Gunung Kemukus gegara Bupati Sragen, Yuni Sukowati menggulung kelambu Pangeran Samudra, tokoh legendaris yang dikebumikan di tempat keramat ini.

Peristiwa yang baru pertama kalinya dilakukan Yuni Sukowati di Gunung Kemukus ini, terjadi Sabtu 30 Juli 2022 di area pemakaman Pangeran Samudra dan Dewi Ontrowulan.

Baca Juga: Guncang Dunia Gegara Ritual Seks; Gunung Kemukus, Riwayatmu Kini…..

Di Gunung Kemukus, Sabtu siang bertepatan tanggal 1 Sura menurut penanggalan Jawa dan 1 Muharrom menurut penanggalan tahun Hijriyah itu, digelar tadisi 'larap kelambu' atau pencucian kain penutup pusara Pangeran Samudra dan Dewi Ontrowulan.

Tradisi ritual 'larap kelambu' di Gunung Kemukus, diawali pelepasan kelambu makam Pangeran Samudro dan Dewi Ontrwulan, selain Bupati Sragen ikut juga melepas kelambu Ketua DPRD Sragen, Suparno.

Setelah dilepas, Bupati Yuni Sukowati menyerahkan kelambu tadi kepada Camat Sumberlawang, didampingi Camat Miri, dan dua tokoh masyarakat Gunung Kemukus.

Baca Juga: Gunung Kemukus Jadi Mengkilap, Ini Rute, Info Harga Tiket dan Foto-fotonya

Diiringi dan dikawal tak kurang 40 personil berkostum prajurit kerajaan, kelambu pusara Pangeran Samudra dan Dewi Ontrowulan dikirap sepanjang jalan Gunung Kemukus, menuju sungai Serang tempat pencucian kelambu yang dikeramatkan tadi.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x