Astaga! Puluhan Ton Ikan di Waduk Kedung Ombo Mati Massal, Kerugian Tembus Miliaran

- 1 Januari 2023, 22:50 WIB
Puluhan ton ikan milik petani karamba di Waduk Kedung Ombo, Boyolali mati massal. Akibatnya mereka mengalami kerugian miliaran rupiah. (Foto: Dok. Istimewa)
Puluhan ton ikan milik petani karamba di Waduk Kedung Ombo, Boyolali mati massal. Akibatnya mereka mengalami kerugian miliaran rupiah. (Foto: Dok. Istimewa) /

KARANGANYARNEWS - Ikan milik petani karamba di Waduk Kedung Ombo, Boyolali mati massal. Akibatnya mereka mengalami kerugian miliaran rupiah.

Salah satu petani ikan, Marno (38), mengatakan puluhan ton ikan jenis emas dan nila mengalami mati massal sejak Sabtu kemarin, 31 Desember 2022. Cuaca buruk diduga menjadi penyebab matinya ikan.

"Cuacanya dingin nggak ada panas, oksigen drop, terus upwelling keluar dari bawah, itu kan kayak racun. Cuaca buruk sudah hampir tiga hari ini. Ikan mati mulai kemarin, ikan emas dan ikan nila. Total yang mati sekitar 20 ton," katanya kepada wartawan, Minggu, 1 Januari 2023.  

Baca Juga: 5 Objek Wisata Keren di Solo, Cocok buat Foto-foto dan Liburan Tahun Baru

Akibat kejadian ini kerugian ditaksir mencapai miliaran rupiah, mengingat harga ikan sekarang berada di kisaran Rp25 ribu hingga Rp26 ribu per kilogram.

"Harga ikan saat ini Rp25 ribu sampai Rp26 ribu per kilogram. Kerugian tinggal mengalikan saja 20 ton," kata Marno.

Di Waduk Kedung Ombo sendiri saat ini ada ratusan petani ikan. Semuanya mengalami kondisi sama, di mana ikan yang dibudidayakan mati massal.

Baca Juga: 5 Tips Liburan Tahun Baru Aman, Nyaman dan Bikin Berkesan

Kasus kematian ikan massal ini merupakan peristiwa kali kedua. Sebelumnya pada 2018 petani juga dipusingkan dengan kejadian serupa.

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x