Menjelajah Sentra Produksi Karak di Gadingan Mojolaban, sudah Eksis Lebih dari 40 Tahun

- 20 Juli 2023, 22:30 WIB
Menjelajah sentra produksi karak di Gadingan Mojolaban, sudah eksis lebih dari 40 tahun. Mayoritas masyarakat di desa ini berprofesi sebagai pembuat karak. (Foto: Dok. Istimewa/Nadia Rahma)
Menjelajah sentra produksi karak di Gadingan Mojolaban, sudah eksis lebih dari 40 tahun. Mayoritas masyarakat di desa ini berprofesi sebagai pembuat karak. (Foto: Dok. Istimewa/Nadia Rahma) /

KARANGANYARNEWS Menjelajah Sentra Produksi Karak di Gadingan Mojolaban, sudah Eksis Lebih dari 40 Tahun. Kabupaten Sukoharjo dikenal sebagai salah satu daerah dengan potensi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) cukup besar di Jawa Tengah. Beberapa industri skala rumah tangga banyak berkembang di wilayah Sukoharjo, mulai dari kuliner, kerajinan hingga jamu tradisional.

Bicara soal produk makanan, kabupaten ini juga memiliki sentra industri karak alias kerupuk nasi yang cukup populer, yakni di Desa Gadingan, Kecamatan Mojolaban. Mayoritas masyarakat di desa ini berprofesi sebagai pembuat karak.

Saat memasuki wilayah Gadingan, pengunjung akan disambut lembaran-lembaran karak yang dijemur di halaman rumah maupun pinggiran jalan desa.

Baca Juga: Review dan Spesifikasi Xiaomi Pad 6, Tablet Berspesifikasi Tinggi Harga Ramah di Kantong

Salah satu pembuat karak, Jayanti mengatakan industri kecil ini merupakan warisan turun-temurun yang sudah ditekuni sejak 40 tahun silam.

“Ini meneruskan usaha simbah, kalau tahunnya sekitar 40 tahun lalu,” kata dia, saat ditemuiKamis, 20 Juli 2023.

Jayanti mengungkapkan, dirinya membuat karak sehari-hari dibantu keluarganya. Disebutkan, satu hari ia bisa menghabiskan 30 kilogram bahan baku beras. Karak hasil produksinya biasanya diambil pedagang untuk dijual kembali.

“Nanti diambil bakul (pedagang-red), belum berani untuk jualan sendiri,“ ucapnya.

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x