Cerita Penggali Makam Kuno Desa Jatirejo Boyolali, Temukan Pecahan Batu Bersejarah

- 26 November 2023, 19:05 WIB
Puluhan warga Dukuh Klabang, Jatirejo, Sawit, Boyolali mendatangi Mapolsek Sawit, Sabtu, 25 November 2023. Kedatangan mereka untuk melakukan mediasi dengan sembilan orang diduga mencuri benda di makam kuno setempat. (Foto: Pixabay/Momentmal)
Puluhan warga Dukuh Klabang, Jatirejo, Sawit, Boyolali mendatangi Mapolsek Sawit, Sabtu, 25 November 2023. Kedatangan mereka untuk melakukan mediasi dengan sembilan orang diduga mencuri benda di makam kuno setempat. (Foto: Pixabay/Momentmal) /

KARANGANYARNEWS – Pembongkaran ulang makam kuno di Dukuh Klabang, Desa Jatirejo, Kecamatan Sawit akan kembali dilakukan, Senin besok, 27 November 2023. Hal itu setelah dilakukan mediasi antara warga setempat dengan pelaku pembongkaran di Mapolsek Sawit, Boyolali, Sabtu, 25 November 2023 kemarin.

Diketahui dari sembilan orang pelaku pembongkaran, satu di antaranya adalah warga setempat, Awik Prihantoro.

Menurut pengakuannya, pembongkaran makam kuno Kiai Klabang diawali dari kedatangan teman ke makam pada Minggu, 5 November 2023 sebanyak empat orang.

Baca Juga: Keris Peninggalan Zaman Majapahit hingga Singosari Dipamerkan di Balai Kota Solo

“Teman saya itu ada empat orang yang datang ke makam tersebut kemudian memanggil saya. Nah dari makam itu, kata Mas Pendi ditemukan pecahan batu sejarah berlambang Purnomosidhi,” katanya di Mapolres Sawit.

Dengan ditemukan pecahan batu itu, mereka pun akhirnya penasaran dan dilakukanlah penggalian makam.

Pembongkaran berlanjut pada Sabtu, 18 November 2023 untuk mencari potongan batu nisan satunya.

“Sebelumnya teman saya juga izin saya di makam itu ditemukan pecahan nisan, kemudian penasaran mencari batu satunya lagi. Satu batu itu ada, tapi patah terus kami sambungkan,” ungkap Awik Prihantoro.

Halaman:

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x