Puan Maharani Soroti Debat Capres Cawapres, Minta KPU Berembug dengan Timses Paslon

- 4 Desember 2023, 23:52 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani menilai debat calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) sangat penting bagi masyarakat. (Foto: Dok. Istimewa)
Ketua DPR RI Puan Maharani menilai debat calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) sangat penting bagi masyarakat. (Foto: Dok. Istimewa) /
KARANGANYARNEWS - Ketua DPR RI Puan Maharani menilai debat calon presiden (Capres) dan calon wakil presiden (Cawapres) sangat penting bagi masyarakat. Melalui debat masyarakat bisa mengetahui serta menilai visi dan misi dari pasangan calon.

Puan Maharani juga menyinggung soal debat pemilihan presiden (Pilpres) perlu dicermati dulu. 

"Terkait adanya perubahan debat Pilpres 2024, kita cermati dulu apakah kemudian hal itu seperti yang diberitakan,’' katanya, usai melakukan penanaman pohon di objek wisata Indrokilo Boyolali, Minggu, 3 Desember 2023.
 
 
Diutarakan, terkait mekanisme pelaksanaan debat, Komisi Pemilihan Umum (KPU) seharusnya berdiskusi terlebih dahulu. Selain itu juga diperlukan persamaan persepsi di antara pihak-pihak terlibat.
 
“Sebaiknya kita rembug lagi karena sebelumnya sesuai aturan memang akan ada lima sesi debat capres-cawapres. Apa ini (debat) nanti hanya capres saja atau capres dan cawapres,” kata politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.
 
Puan Maharani juga berharap KPU dapat berdiskusi lagi tentang format debat capres-cawapres bersama tim sukses (Timses) tiga pasangan calon (Paslon) 
 
 
“Saya meminta kepada KPU untuk berembug bersama-sama dengan ketiga paslon, menyamakan persepsi yang terbaik sehingga masyarakat bisa mengetahui visi dan misi, bukan hanya dari capres, tapi juga dari cawapres,” ujarnya.
 
Kendati demikian, Puan Maharani tidak akan mendesak untuk diadakan debat khusus cawapres jika sudah ada ketetapan terkait debat capres-cawapres. Pihaknya menyatakan akan mengikuti regulasi dan aturan KPU. 
 
“Kita ikuti saja aturan yang sudah disepakati antara KPU dan DPR dan hal lain yang sudah dibicarakan sebelumnya. Kita harus menjaga pemilu berjalan sejuk dan damai,” tukasnya. ***

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x