Soal Pertemuan Jokowi dan Surya Paloh, Begini Tanggapan Gibran

- 19 Februari 2024, 21:33 WIB
Cawapres Gibran Rakabuming Raka menanggapi pertemuan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh, Minggu, 18 Februari 2024. (Foto: Dok. Istimewa)
Cawapres Gibran Rakabuming Raka menanggapi pertemuan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh, Minggu, 18 Februari 2024. (Foto: Dok. Istimewa) /

KARANGANYARNEWS - Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menanggapi pertemuan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh, Minggu, 18 Februari 2024. 

Terkait pertemuan itu, beredar wacana bergabungnya NasDem ke Koalisi Indonesia Maju (KIM) bila Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memenangkan pemilihan umum (Pemilu) 2024.
 
Menurut Gibran Rakabuming, pertemuan para tokoh, termasuk ketua umum partai sangat baik untuk perpolitikan nasional. 
 
"Ya saya kira semua tokoh, ketua umum partai jika bertemu, bersilaturahmi, saling menjaga komunikasi itu akan menjernihkan suasana. Saya kira itu bagus sekali," kata Gibran Rakabuming kepada awak media, usai menghadiri acara Jumenengan ke-2 Kanjeng Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Mangkunegara X di Pura Mangkunegaran, Solo, Senin, 19 Februari 2024.
 
 
Dirinya membuka peluang komunikasi dengan kandidat presiden dan wakil presiden lainnya, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar serta Ganjar Pranowo-Mahfud MD.
 
"Makanya dari awal ketika angka quick count sudah jelas, kan saya sudah menyampaikan, saya juga sudah tidak sabar untuk sowan ke pasangan calon (Paslon) nomor 01 dan 03. Saya kan nunggu dipanggil aja," imbuh Gibran Rakabuming.
 
Pintu komunikasi juga terbuka dengan partai-partai berpotensi menjadi oposisi, seperti kabar yang beredar tentang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).
 
"Ya itu monggo," ucap dia.
 
Gibran Rakabuming pun menganggap pertemuan Jokowi dengan Surya Paloh merupakan angin segar di kancah politik nasional saat ini. Demikian pula rencana dirinya ingin bertemu dengan petinggi partai lain.
 
 
"Iya yang pnting kita warga bisa melihat bahwa pimpinan-pimpinannya semuanya saling berkomunikasi, bersilaturahmi, adem. Kalau di atas adem, di bawah Insyaa Allah adem dan kita bisa move on dengan kegiatan-kegiatan lain," ujarnya.
 
Saat ditanya soal dirinya apakah telah memulai komunikasi dengan para ketua umum partai, Gibran Rakabuming mengaku membuka komunikasi dengan siapa pun.
 
Seperti Prabowo Subianto yang telah mengunjungi para tokoh, termasuk Presiden keenam RI Susilo Bambang Yodhoyono (SBY) beberapa waktu lalu.
 
"Kalau saya sih selalu menjalin komunikasi dengan semua. Kemarin kan Pak Prabowo juga sudah muter ke kiai-kiai, habaib-habaib, tokoh-tokoh," tukasnya. ***

Editor: Andi Penowo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x