5 Jawaban, Kenapa Harga Emas Antam Selalu Lebih Tinggi?

- 20 September 2023, 09:05 WIB
Harga emas Antam. (Antara)
Harga emas Antam. (Antara) /Ilustrasi/ Foto Antara/

KARANGANYARNEWS - Lain emas Antam beda juga emas UBS, meskipun sama-sama disebut emas logam mulia yang dapat dijadikan perhiasan dan investasi, juga sama-sama produk dalam negeri, kenapa pangsa pasar harga emas Antam selalu lebih tinggi dibandingkan dengan harga emas UBS?

 

Sebagaimana diketahui, harga pasaran emas yang berlaku di setiap negara termasuk Indonesia, penentuannya berdasarkan harga emas dunia dalam jual beli emas terbesar yang berpusat di pasar emas di London.

Karena keterbatasan logam mulia emas yang diperjualbelikan di seluruh negara, Dengan jumlah yang terbatas, sudah barang pasti harganya pun sangat bergantung pada permintaan dan penawaran yang terjadi di pasaran.

 Baca Juga: 3 Tips Investasi Emas, Dijamin Aman dan Sukses Meraup Limpahan Cuan

Berdasarkan fluktuasi permintaan dan penawaran emas di tingkat dunia itu juga, harga emas kemudian diadaptasikan ke pasar lokal tiap negara, dengan nilai tukar mata uang yang berlaku masing-masing negara.

Dalam perdagangan emas, diberlakukan juga perbedaan harga antara harga beli dengan harga jual kembali atau buy back, kendati transaksinya di hari dan tempat yang sama, serta ukuran kuantitas yang sama pula.

Lebih Bervariasi 

 

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah