Fix! TikTok Dilarang jadi Sarana Jualan dan Transaksi Langsung, Bagaimana Nasib Affiliate?

- 25 September 2023, 22:15 WIB
TikTok dilarang jadi sarana jualan dan transaksi langsung, bagaimana nasib affiliate. Pemerintah melalui menteri perdagangan akan melarang adanya social commerce sebagai tempat berjualan atau bertransaksi. (Dok. Pixabay/iXimus)
TikTok dilarang jadi sarana jualan dan transaksi langsung, bagaimana nasib affiliate. Pemerintah melalui menteri perdagangan akan melarang adanya social commerce sebagai tempat berjualan atau bertransaksi. (Dok. Pixabay/iXimus) /

KARANGANYARNEWS TikTok Dilarang jadi Sarana Jualan dan Transaksi Langsung, Bagaimana Nasib Affiliate? Pemerintah melalui menteri perdagangan akan melarang adanya social commerce sebagai tempat berjualan atau bertransaksi. Aturan itu secara resmi diputuskan pada rapat terbatas digelar Presiden RI Joko Widodo di Kantor Kepresidenan, Senin, 25 September 2023.

Pelarangan ini merupakan imbas dari protes pedagang tradisional Tanah Abang merasa dirugikan (penghasilannya anjlok) sejak adanya proses transaksi melalui media sosial.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan larangan itu tertuang pada revisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 50 Tahun 2020 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembimbingan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

Ia juga bilang social commerce hanya boleh digunakan untuk memfasilitasi promosi barang atau jasa.

Baca Juga: Wisata Malam Minggu Syahdu di Ngarsopuro Night Market, Spot Malam Mingguan Asyik di Solo

“Tidak boleh transaksi langsung, apalagi bayar langsung. Social commerce hanya boleh melakukan promosi layaknya televisi. TV sendiri kan boleh iklan, tetapi tidak secara langsung bertransaksi atau menerima uang. Jadi, dia akan bertindak layaknya platform digital. Hanya untuk mempromosikan,” ujarnya usai rapat terbatas, dikutip dari sebuah sumber.

Dalam pernyataannya, Zulkifli Hasan memang tidak menyampaikan secara jelas siapa saja terdampak dari aturan ini.

Melihat dari fakta sosial, TikTok Shop menjadi salah satu media sosial yang akan berimbas, mengingat penjualannya sangat diminati.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah