5 Alat Kopi Murah untuk Modal Buka Kedai Kecil-kecilan, Lengkap dengan Harga Pasarannya

- 22 Desember 2021, 09:00 WIB
Alat kopi murah palig sederhana dan mendasar
Alat kopi murah palig sederhana dan mendasar /Pixabay

KARANGANYARNEWS - Inilah daftar lengkap alat kopi murah lengkap dengan kisaran harga di pasaran. Kelima alat kopi murah di bawah ini dapat Anda jadikan rujukan yang tepat sebelum memulai membuka kedai dengan konsep rumahan, kecil-kecilan dengan modal beaya yang terbatas.

Tren nongkrong minum kopi asli atau yang bukan sasetan diperkirakan semakin meningkat. Hal itu tak lepas dari perubahan gaya hidup kawula muda semenjak film Filosofi Kopi 1 & 2 sukses mendulang jumlah penonton.

Film itu boleh dikatakan menginspirasi kaum milenial untuk menjajaki citarasa kopi asli setelah sebelumnya awam dan hanya dicekoki tren kopi sasetan. Bahkan tak sedikit pula yang mulai mempelajari seluk beluk tentang kopi, termasuk aneka teknik menyeduhnya.

Baca Juga: 5 Kedai Kopi Paling Recommended & Instagramable di Lereng Lawu

Sebelum membuka kedai, seorang pecinta kopi disarankan untuk memulainya dengan belajar menyeduh kopi yang tepat terlebih dahulu. Direkomendasikan mengikuti kursus dasar tentang teknik seduh manual sebelum mengulik tentang minuman kopi kekinian.

Dari teknik seduh manual inilah, seorang calon barista tergiring untuk memahami karakter masing-masing kopi karena ada beberapa unsur citarasa dan aroma di dalam kopi yang wajib dikenal. Ada unsur manis atau sweetness, ketebalan rasa, ada juga unsur long after taste.

Untuk memahami unsur unsur citarasa di setiap varietas kopi akan kita bahas lebih lanjut. Kali ini kembali ke rekomendasi peralatan kopi yang wajib dimiliki calon pemilik kedai kecil-kecilan.

Baca Juga: Sensasi Nyruput Kopi Plus Elok Nan Eksotik Lanskap Gunung Merapi

Nah, ini dia 10 alat kopi manual paling recommended yang wajib dimiliki lengkap dengan harga pasarannya yang kami kutip dari berbagai sumber terpercaya.

Halaman:

Editor: Abednago Afriadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x