Menyibak Misteri Siluman Harimau Putih Penjaga Punden Boncolono Gunung Lawu

- 17 Maret 2022, 20:40 WIB
Komplek punden Boncolono yang diyakini dijaga sosok harimau putih gaib
Komplek punden Boncolono yang diyakini dijaga sosok harimau putih gaib /Klasik Herlambang/Karanganyar News

KARANGANYARNEWS - Sosok siluman harimau putih disebut-sebut menjadi penjaga gaib punden Boncolono, yang beberapa hari belakangan kerap disebut masyarakat.

Ini setelah Gubernur Ganjar Pranowo mengambil air dari tempat ini sebagai bagian dari ritual Kendi Nusantara yang digelar Presiden Joko Widodo di lokasi Ibu Kota Nusantara (IKN).

Bagi para pelaku spiritual, punden Boncolono memang dipandang memiliki keistimewaan. Karenanya tak salah bila Ganjar Pranowo mengambil air dari punden yang berada di lereng Gunung Lawu ini.

Berada di Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar punden Boncolono memang kerap menjadi jujugan para pelaku ritual, termasuk para pejabat dan bahkan presiden.

Baca Juga: Kampanyekan Bebas Daging Anjing, Ganjar Terima Penghargaan DMFI

Punden yang berada di perbatasan wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur ini juga diyakini sebagai salah satu tempat bersemayamnya penjaga gaib Gunung Lawu.

Hal ini diwujudkan dalam bentuk patung seekor harimau putih yang ditempatkan dalam cungkup tersendiri di komplek punden.

Diberi nama Eyang Singo Sinebahing Dilah, sosok ini diyakini sebagai perwujudan dari binatang peliharaan Ki Ageng Boncolono.

Sedangkan Ki Ageng Boncolono sendiri adalah sosok yang diyakini sebagai penjaga kawasan Gunung Lawu.

Halaman:

Editor: Langgeng Widodo


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x