Beda Masturbasi Lain Mimpi Basah, Batalkah Puasa Ramadhannya?

- 31 Maret 2022, 22:26 WIB
Inilah fatwa Majelis Tarjih Muhammadiyah, terkait hukum masturbasi, onani dan mimpi basah saat menjalani ibadah puasa Ramadhan
Inilah fatwa Majelis Tarjih Muhammadiyah, terkait hukum masturbasi, onani dan mimpi basah saat menjalani ibadah puasa Ramadhan /Ilustrasi Dok Pixel/

KARANGANYARNEWS – Masturbasi dan onani di siang hari pada bulan Ramadhan, batalkah puasanya. Lantas, bagaimana juga kalau mimpi basah?

Masturbasi sebutan bagi kaum Hawa, onani teruntuk kaum pria apakah membatalkan ibadah puasa wajib di bulan Ramadhan. Apakah keduanya juga membatalkanpuasa sunah, di luar bulan suci Ramadhan?

Makna leksikal dan terjemahan bebas masturbusi serta onani, adalah proses memperoleh kepuasan nafsu sahwat tanpa berhubungan intim atau hubungan badan layaknya dilakukan seorang laki-laki bersama istri sahnya.

Baca Juga: Doa Penangkal Godaan Paling Menggiurkan Selama Puasa Ramadhan

Ada juga yang mengartikan mastur basi dan onani, usaha yang sengaja dilakukan seorang laki-laki atau perempuan teruntuk mendapatkan kepuasan nafsu birahi tanpa berjimak atau berhubungan badan.

Bagaimana hukum fikihnya onani dan atau masturbasi jikalau dilakukan pada siang hari, disaat yang bersangkutan menjalankan ibadah puasa wajib di bulan Ramadhan atau puasa sunah di luar bulan Ramadhan?

Berdasarkan Fatwa Majelis Tarjih Muhammadiyah, orang Islam yang melakukan masturbasi dan onani pada siang hari saat yang bersangkutan menjalankan puasa, maka puasanya batal.

Baca Juga: SE PP Muhammadiyah; Inilah Fatwa Prokes Ramadhan Teruntuk Pimpinan Seluruh Tingkatan

Baik ibadah puasa wajib pada bulan Ramadhan, demikian juga puasa sunah selain bulam Ramadhan. Sesuai dengan makna leksikal dan harfiahnya, onani atau masturbasi adalah perbuatan sengaja untuk mendapatkan kenikmatan.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x