Kemuliaan Masa Muda Jaminan Kemuliaan Hidup Sampai Tua

- 9 April 2022, 14:15 WIB
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd. /dok pribadi/

Ngaji Bareng |.| Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd

USIA umat Rasulullah SAW, tidaklah sepanjang umat terdahulu. Dalam hadist disebutkan, usia mereka umumnya antara 60 sampai 70 tahun.

Rasulullah SAW pernah mengadukan pendeknya usia umat beliau itu kepada Allah SWT. Dengan penuh kasih Allah SWT menjelaskan;

“Meski usia umat Islam lebih pendek dari umat lain (sebelumnya), Allah SWT telah menganugrahkan banyak keutamaan. Diantaranya Lailatul Qadar, malam yang nilainya lebih dari seribu bulan.

Baca Juga: Mentauladani Keberkahan Usia Panjang Sahabat Rasulullah SAW

Masa muda dan masa dewasa, merupakan fase terpenting dalam kehidupan manusia. Mengenai pentingnya masa muda, seorang bijak mengatakan, "Jika engkau tak bisa meraih kemuliaan di hari mudamu, tak akan mulia hidupnya sampai tua".

Dikisahkan semasa Rasulullah SAW, tidak sedikit juga orang-orang yang usianya pendek tapi sangat berarti, karena dipenuhi berbagai amal yang diridhai Allah SWT. Mereka yang tergolong kelompok ini, namanya terabadikan dalam.

Usianya usianya tidak panjang, tetapi penuh dengan keberkahan dan kehidupannya tetap dikenang orang dari zaman ke zaman. Salah satunya, sahabat  Rasulullah SAW. Umar bin Abdul Aziz, namanya.

Baca Juga: Inilah Jawabnya, Kenapa Usia Umat Rasulullah SAW Lebih Pendek?

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x