Mentauladani Keberkahan Usia Panjang Sahabat Rasulullah SAW

- 9 April 2022, 03:15 WIB
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni /dok pribadi/

Ngaji Bareng |.| Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.

DIKARUNIAI usia panjang,  adalah keistimewaan. Dalam sebuah hadits qudsi Rasulullah SAW menyampaikan firman Allah SWT, "Demi kemuliaan-Ku, keagungan-Ku, dan kebutuhan hamba-Ku kepada-Ku.

Sesungguhnya Aku merasa malu menyiksa hamba-Ku, baik laki-laki maupun perempuan, yang telah beruban karena tua dalam keadaan muslim".

Dalam hadits lain beliau bersabda, "Sebaik-baik diantara kalian ialah orang yang panjang umurnya dan baik pula amalannya". (HR At-Tarmidzi). 

Baca Juga: Inilah Jawabnya, Kenapa Usia Umat Rasulullah SAW Lebih Pendek?

Usia umat Rasulullah SAW, tidak sepanjang usia umat terdahulu. Dalam sebuah hadist disebutkan, usia mereka umumnya antara 60 sampai 70 tahun. Rasulullah SAW, pernah mengadukan pendeknya usia umat beliau kepada Allah SWT.

Alquran juga berulang kali memperingatkan akan datanya ketuaan dan kepikunan. Misalnya, dalam surah An-Nahl ayat 70, "Allah menciptakan kamu, kemudian mewafatkan kamu.

Dan diantara kamu ada yang dikembalikan kepada umur yang paling lemah, supaya tidak mengetahui lagi sesuatupun yang pernah diketahuinya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa".

Baca Juga: Wajib Dicatat, Ini 4 Amalan Hari Jumat yang Dianjurkan Rasulullah

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x