Wajib Dicatat, Ini 4 Amalan Hari Jumat yang Dianjurkan Rasulullah

- 8 April 2022, 10:20 WIB
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd. /dok pribadi/

Ngaji Bareng |.| Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.

HARI Jumat merupakan hari mulia dan spesial bagi umat Islam, Hari Jumat dikenal juga sebagai sayyidul ayyam berkat keistimewaannya.

Salah satunya, waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa. Selain itu, umat Islam juga dianjurkan untuk mengerjakan sejumlah amalan pada hari itu.

Sejumlah amalan Hari Jumat yang dianjurkan oleh nabi Muhammad SAW. Selain berpahala, amalan-amalan tersebut juga bisa mendatangkan kebaikan bagi yang mengerjakannya. 

Baca Juga: Wajib Tahu, Inilah 14 Perumpaan Orang Mukmin Menurut Rasulullah

  1. Membersihkan Diri

Pada Hari Jumat umat Islam dianjurkan mandi untuk membersihkan diri terutama bagi laki-laki yang akan menunaikan salat Jumat. Disunnahkan pula, merapikan rambut dan memakai parfum. Sesuai hadist riwayat Bukhari, Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa yang mandi pada Hari Jumat, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian salat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jumat". (HR. Bukhari)

  1. Memperbanyak Salawat dan Zikir

Amalan di Hari Jumat yang Dianjurkan Rasulullah, Hari Jumat merupakan hari yang baik untuk menenangkan diri dengan berdzikir dan bersalawat. Amalan ini bisa mendekatkan kita kepada Allah dan menyelamatkan kita pada hari kiamat.

Baca Juga: Semudah Membalikkan Telapak Tangan, Mengubah Dunia dari Diri Kita Sendiri

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x