Ada Limpahan Hikmah Dibalik Setiap Musibah

- 5 April 2022, 03:16 WIB
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M,Pd.
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M,Pd. /dok pribadi/

Ngaji Bareng |.| Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.

WABAH Corona, lebih popular disebut Covid-19 selain membuat penduduk di muka bumi resah dan gelisah juga menjadikan umat seluruh dunia sibuk.

Sibuk menciptakan obat anti Corona. Sibuk mencari strategi bagaimana mencegahnya. Dan yang lebih tragis, adalah ada yang sibuk mencela, mencaci, menyalahkan satu sama lain.

Bagi seorang muslim, harus yakin jika wabah Corona ini atas kehendak-Nya. Dibalik wabah Corona, pasti ada pelajaran atau hikmah berharga bagi manusia. Dan, itu hanya Allah Yang Maha Tahu.

Baca Juga: Yakini Sunatullah, Tak Sesuai Impian pun Hidup itu Indah

Sementara manusia, sesungguhnya hanya bisa menghubung-hubungkan saja. Itupun juga tidak salah, karena Allah anugerahi akal fikiran kepada manusia untuk memikirkan ayat-ayat Allah, baik yang tersurat maupun yang tersirat.

Salah satu hikmah adanya wabah Corona, memberikan peringatan kepada setiap diri manusia agar selalu meng-update keimanan (keyakinannya). Bahwa, kita bukanlah siapa-siapa.

Kita hanya mahluk lemah, ringkih gak punya daya sedikitpun tanpa pertolongan-Nya. Termasuk mendirikan salat yang jelas-jelas perintah wajib setiap hamba,  itupun ketika dipanggil muadzin mendirikan salat.

Baca Juga: Menelisik Seberapa Kekuatan Zikir Kita Dihadapan Allah

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x