Yakini Sunatullah, Tak Sesuai Impian pun Hidup itu Indah

- 4 April 2022, 22:12 WIB
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M,Pd.
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M,Pd. /dok pribadi/

Ngaji Bareng |.| Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.

HIDUP seringkali tak seindah dan sesuai impian atau sebagaimana dibayangkan, kepahitan dan kegetiran kadang menghampiri hidup kita tanpa terduga.

Bagi yang beriman atau meyakini, hidup ini tetaap terasa nyaman dan menyenangkan. Namun sebaliknya, terkadang terlintas juga aktivitas kita sehari-hari serasa hanya sepertinya juga itu-itu saja.

Pagi bangun, berangkat kerja. Menjelang malam, pulang. Kemudian tidur. Besoknya kembali seperti itu juga. Ya inilah hidup, serasa hanya pergantian waktu ke waktu.

Baca Juga: Menelisik Seberapa Kekuatan Zikir Kita Dihadapan Allah

Semua yang kita temui dalam kehidupan, sebenarnya hanya ujian atau tantangan hidup, untuk kita kelola agar sesuai kehendaki-Nya. Tak perlu panik ketika menghadapi masalah. Kata orang-orang tua, ‘urip iku amung mampir ngombe’, transit minum.

Sebagaimana nasihat ilmuwan muslim ahli kedokteran modern, Ibnu Sina, yang dikutip rmco.id (9/4/2020), “Kepanikan adalah separuh penyakit. Ketenangan adalah separuh obat, kesabaran adalah awal dari kesembuhan.”

Kita harus yakin, bahwa semua yang terpampang di plataran bumi ini sudah di atur oleh Allah SWT. Sudah final. Walau demikian, Allah SWT dan Rasulullah SAW bersifat sangat demokratis.

Baca Juga: Membangun Peradaban Bangsa dari Lingkup Keluarga

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x