Pilih, Menurutmu yang Lebih Afdol; Sholat Taraweh 8 atau 20 Rakaat?

- 1 April 2022, 21:53 WIB
Pilih salat taraweh 8 atau 20 rakaat, tak usah diperdebatkan. Karena, keduanya ada landasan dasar hukum fikihnya
Pilih salat taraweh 8 atau 20 rakaat, tak usah diperdebatkan. Karena, keduanya ada landasan dasar hukum fikihnya /ilustrasi salat taraweh, tangkapan media/

KARANGANYARNEWS – Pilih salat taraweh 8 atau 20 rakaat, tak usah diperdebatkan. Karena, keduanya ada landasan dasar hukum fikihnya.

Setiap bulan Ramadhan tiba, ada saja umat muslim yang bertanya-tanya. Lebih afdol mana, antara salat taraweh 8 rakaat dengan 20 rakaat?

Selain berpuasa yang hukum fikihnya wajib, selama bulan Ramadhon umat Islam juga disunahkan dan sangat dianjurkan melakukan ibadah salat taraweh di malam hari.

Baca Juga: Awal Puasa Ramadhan Beda Lagi, Inilah Penegasan Muhammadiyah

Ulama yang memfatwakan salat taraweh 8 rakaat, lebih mempedomoni hadis sokeh yang diriwayatkan al-Bukhari, sebagaimana diterjemahkan berikut ini.

Diriwayatkan dari Abu Salamah, ia pernah bertanya kepada Aisyah r.a: “Bagaimana salat Nabi Muhammad di bulan Ramadan?” Aisyah menjawab, “Beliau tak menambah pada bulan Ramadan dan bulan lainnya lebih dari sebelas rakaat”:

“Salat empat rakaat yang betapa bagus dan lama, lantas salat empat rakaat, kemudian tiga rakaat. Aku pun pernah bertanya: “Wahai Rasulullah, apakah engkau tidur sebelum menunaikan salat witir?” Beliau menjawab: “Mataku tidur, tapi hatiku tidak”. (Shahih al-Bukhari, juz: 7, hal: 134, no: 1874).

Baca Juga: SE PP Muhammadiyah; Inilah Fatwa Prokes Ramadhan Teruntuk Pimpinan Seluruh Tingkatan

Ulama lainnya, ada juga yang memfatwakan salat tarawih dilakukan 20 rakaat.  Hal ini didasarkan pada hadis yang diriwayatkan Yazid bin Khushoifah dari al-Saib bin Yazid yang artinya sebagaimana dikutip berikut ini.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x