Semudah Membalikkan Telapak Tangan, Mengubah Dunia dari Diri Kita Sendiri

- 7 April 2022, 23:37 WIB
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd. /dok pribadi/

Ngaji Bareng |.| Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.

SESEORANG bercita-cita ingin mengubah dunia. Dirasakan lama-lama karena perjalanan usia, hal itu sulit dilakukan. Maka, dia pun menurunkan kadarnya. Ingin mengubah masyarakat di negerinya. Ini pun, dirasakan juga sulit baginya.

Akhirnya, ia memutuskan untuk mengubah ke arah lebih baik keluarganya. Ia pun bertambah usia. Lalu berpikir, "Seandainya saya memulai sejak dulu dari diri saya sendiri, niscaya saya mampu mengubah yang lebih luas dari sedari dulu".

Pakar Tafsir Al-Quran Prof Muhammad Quraish Shihab, mengisahkan hal itu. Ia ingin menekankan, penerapan akhlak dan cita-cita ke arah lebih baik harus diawali dari diri sendiri.

Baca Juga: Inilah 6 Suritauladan Lebah Teruntuk Setiap Mukmin

Sebagaimana pesan Nabi Muhammad SAW , "Ibda' binafsik tsumma man ta'ulu". Mulailah dari diri sendiri, kemudian orang di sekitarmu. Untuk melakukan perubahan, fokuslah pada diri sendiri, baru kemudian diperluas. Rasulullah menguncapkan hal itu, jauh sebelum Mahatma Gandhi.

Mulailah dari diri sendiri. Mengapa? Mahatma Gandhi kemudian pun berujar "If you want to change the world, start with yourself". Beberapa point yang dapat kita gali dari hadits di atas adalah:

"Kalau anda tidak bisa berbuat baik, jangan halangi orang lain untuk mencari kebaikan," tutur penyusun Tafsir Alquran Al-Misah.

Baca Juga: Wajib Dicatat, Inilah 7 Keutamaan Membahagiakan Orang Lain

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x