Inilah 6 Suritauladan Lebah Teruntuk Setiap Mukmin

- 7 April 2022, 21:27 WIB
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd. /dok pribadi/

Ngaji Bareng |.| Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.

ALLAH SWT mengabadikan nama lebah di surah ke-16 dalam Alquran, an-Nahl. Tentu, ada keistimewaan yang dimiliki hewan kecil pemproduksi madu ini.

Nabi Muhammad juga menjadikannya lebah sebagai inspirasi, pembelajaran bagi setiap mukmin. Dalam sebuah Hadist Rasulullah SAW bersabda;

"Perumpamaan orang beriman itu bagaikan lebah. Ia makan yang bersih, mengeluarkan sesuatu yang bersih, hinggap di tempat yang bersih, dan tidak merusak atau mematahkan (yang dihinggapinya)" (HR Ahmad, al-Hakim, dan al-Bazzar).

Baca Juga: Wajib Dicatat, Inilah 7 Keutamaan Membahagiakan Orang Lain

Tentu, ada keistimewaan yang dimiliki hewan kecil bernama lebah ini, hingga nabi menjadikannya inspirasi bagi seorang mukmin. Bahkan, Allah mengabadikan namanya pada salah satu surah ke-16 dalam Alquran, yakni an-Nahl.

Seorang mukmin haruslah memiliki sifat-sifat unggul dan istimewa, dibandingkan dengan manusia lain. Kehadirannya, selalu membawa manfaat dan maslahat bagi manusia lain.

Seperti dijelaskan Rasulullah SAW, "Manusia paling baik adalah yang paling banyak memberikan manfaat bagi manusia lain". Perhatikan beberapa karakter lebah yang mengandung hikmah untuk diambil manfaat.

Baca Juga: Jangan Memandang dan Menilai Rendah Orang Lain

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x