Ini Amalan Ibadah Murah dan Mudah Dilakukan Menurut Gus Baha

- 4 April 2022, 01:47 WIB
KH Bahauddin Nursalim atau Gus Baha.
KH Bahauddin Nursalim atau Gus Baha. /Pondok Pesantren LP3iA

KARANGANYARNEWS - KH  Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha mengungkapkan ada cara beribadah yang murah dan mudah dikerjakan bagi setiap muslim.

Gus Baha mengawali dengan contoh sejumlah ibadah yang membutuhkan biaya dan tenaga ekstra untuk melakukannya, salah satunya ibadah haji.

Namun, bagi yang belum berkesempatan untuk berhaji, amalan apa yang bisa dilakukan?

Menurut pengasuh Pondok Pesantren Tahfizul Quran-Lembaga Pembinaan Pendidikan dan Pengembangan Ilmu Alquran (LP3iA) Narukan, Rembang, itu untuk mendapatkan kebaikan  tidak selalu harus mengeluarkan biaya.

Baca Juga: Menurut Gus Baha, Ini Alasan Tidurnya Orang yang Berpuasa Itu Ibadah

“Dalam Islam, kata Gus Baha, menahan diri sehingga tidak merugikan orang lain atau mendzolimi sesama juga merupakan sebuah ibadah,” katanya dalam cermah yang ditayangkan di kanan YouTube LP3iA  Sabtu (2/4/2022).

Gus Baha menyampaikan Rasulullah SAW pernah ditanya sahabat tentang perbuatan baik yang paling utama. Jawab Rasulullah adalah iman kepada Allah SWT, berjuang di jalan-Nya, dan memerdekakan budak.

Sahabat pun bertanya lagi amal kebaikan yang bisa dikerjakan jika tidak mampu melakukan amal kebaikan yang membutuhkan biaya.

Baca Juga: Sopir Bus, Tukang Becak, Kuli Bangunan Boleh Tidak Puasa? Begini Penjelasan Gus Baha

Halaman:

Editor: Ken Maesa Pamenang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x