Kehilangan Sesuatu yang Kita Cintai? Inilah 7 Kiat Mensikapinya

- 11 April 2022, 21:07 WIB
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd. /dok pribadi/

Ngaji Bareng |.| Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.

KATA kehilangan biasanya mengacu pada hilangnya benda berupa uang, harta atau sesuatu yang disayangi.

Kehilangan juga dapat berupa orang yang dikasihi, baik orang tua, sanak saudara atau pasangan hidup kita. Kehilangan itu semua membawa kesedihan dan cenderung menyakitkan.

Disamping itu bila kehilangan tiap orang reaksinya berbeda-beda, kebanyakan tidak terima dan berusaha segera menemukannya kembali. Sebaiknya bila kehilangan bagusnya mengucap Innalillahi wa inna Ilaihi Rajiun.

Baca Juga: Tuntunan Islam Memberi Kemudahan, Inilah 3 Syareat Menjadi Orang Baik

Dengan mengucap kalimat ini saat kehilangan saya suka diledek, kayak berucap ada kematian saja. Tetapi, memang benar dari segi maknanya Sesungguhnya kami adalah kepunyaan Allah dan kepada Allah jualah kami kembali.

Inilah tujuh cara mengatasi sesuai tuntunan Islam, jikalau kita kehilangan;

  1. Berucap kalimat Allah Inna lillahi wa inna ilaihi Roji'un.

Dengan mengucap kalimat Allah itu, kita mengakui tiada yang kita punya. Baik  mata, tangan, kaki dan harta memang bukan milik kita. Termasuk anak bukan milik kita, kesadaran bahwa tidak ada yang kita miliki dan sesuatu pasti akan  kembali kepada pemiliknya.

Allah SWT berfirman dalam al-Quran, "Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x