Bukan Orang Lain, Penentu Masa Depanmu Adalah Dirimu Sendiri

- 30 April 2022, 11:25 WIB
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd. /dok pribadi/

Ngaji Bareng |.| Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.

Kak kalau udah besar mau jadi apa? Gak banyak pikir aku langsung jawab, mau jadi Polisi.

Nah, mungkin itulah sepengal kalimat yang sering kita tuturkan kala menjawab pertanyaan orang di sekitar kita mengenai cita-cita di masa depan, umumnya pertanyaan dan jawaban serupa sering kita jumpai kala berusia anak-anak,  tepatnya jenjang TK atau sekolah dasar.

Sejatinya masa usia dini ialah masa tanpa beban, dimana kita bebas berekspresi menjawab semua pertanyaan, hanya dengan melihat dan menirukan sesuatu yang menurut kita keren. maka kita tertarik untuk menjadi serupa dengan hal keren tersebut.

Cita-cita ialah sebuah tujuan hidup yang ingin dicapai suatu individu, tatkala ia telah dewasa dan menjadikan cita-cita tersebut sebagai jalan hidup, untuk memeproleh kebahagiaan.

Baca Juga: Mengungkap Misteri Dibalik Rahasia Allah; Rejeki, Jodoh dan Ajal

Tidak gampang untuk menentukan sebuah cita-cita, bahkan saya berani bertaruh jika sedikit orang yang mampu bertahan dengan cita-citanya ketika masih berusia anak-anak. Bahkan, cita-cita seseorang dapat berubah dengan cepat ketika mereka menemukan sesuatu hal yang baru dan menarik untuk dilakukan.

 Lantas sebenarnya bagaimana menentukan cita-cita yang tepat untuk diri kita? Siapa saja yang bertanggung jawab atas pilihan cita-cita kita di masa depan? Jawabanya simple, diri anda sendiri. Karena anda yang berhak menentukan dan bertanggung jawab atas pilihan hidup anda.

Jika ada pihak lain yang ikut campur atas cita-cita dan pilihan hidup anda, percayalah jika mereka hanya sekedar pembuka jalan buat anda, bukan penentu masa depan anda sekalipun itu orangtua kita sendiri.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x