Mengungkap Misteri Dibalik Rahasia Allah; Rejeki, Jodoh dan Ajal

- 30 April 2022, 02:37 WIB
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd. /dok pribadi/

Ngaji Bareng |.| Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.

BEBERAPA waktu lalu saat saya dalam perjalanan pulang ke rumah, tiba-tiba terlintas sebuah pertanyaan dalam benak saya mengenai takdir. Allah SWT tentu sudah menentukan jodoh, ajal, dan rejeki manusia saat awal penciptaannya.

Sesuai karakteristik Allah SWT yang Maha Adil dan Maha Bijaksana,  pembagian jodoh, ajal, dan rejeki manusia sudah pasti adil.  Pertanyaannya, apa penyebabnya Allah merahasiakan datangnya 3 hal tadi kepada umat manusia?

1.Rejeki

Kita mulai dari rejeki, menurut saya rejeki tidaklah sepenuhnya dirahasiakan. Sejak manusia lahir rejeki sudah mulai bisa dirasakan, hanya saja kadang manusia tidak menyadari hal itu.

Baca Juga: Syariat Mengurangi Makan dan Minum Menurut Rasulullah

Apakah itu? Nafas yang kita hembuskan, mata untuk melihat, telinga untuk mendengar, akal untuk berpikir, tubuh sempurna, walaupun tidak semua manusia bisa merasakannya, tapi selama kita masih bisa merasakan kehidupan dunia, semua itu adalah rejeki yang sangat besar.

Begitu luasnya rejeki yang dilimpahkan pada manusia, hingga manusia harus bisa mencarinya semaksimal mungkin. Adalah sunnatullah barangsiapa yang berusaha keras, dia yang akan mendapatkan hasil.

Allah tidak memberi tahu kapan kita akan mendapat salah satu dari rejeki-Nya, Allah tidak memberi tahu kapan dan bagaimana kita mendapatkan uang, Allah tidak memberi tahu kapan dan bagaimana kita mendapatkan ilmu.

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x