Teruslah Berbagi dan Tiada Henti Berbuat Baik

- 28 April 2022, 15:05 WIB
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd. /dok pribadi/

Ngaji Bareng |.| Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.

NABI Muhammad SAW pernah mengatakan; “Tidak akan bergeser kedua kaki anak Adam di hari kiamat dari sisi RabbNya, hingga dia ditanya tentang lima perkara (yaitu);”

“Tentang umurnya untuk apa ia habiskan, tentang masa mudanya untuk apa ia gunakan, tentang hartanya dari mana ia dapatkan, dan dalam hal apa (hartanya tersebut) ia belanjakan serta apa saja yang telah ia amalkan dari ilmu yang dimilikinya.” (HR. at-Tirmidzi no. 2416)

Hadits tersebut menjadi alarm bagi kita, semakin ke sini semakin banyak jalan yang kita tapaki, akan semakin banyak pula pilihan-pilihan yang harus kita putuskan sendiri, pilihan yang harus diputuskan dalam singkat durasi yang dimiliki, dan setiap pilihan  tentunya diiringi dengan berbagai konsekuensi.

Baca Juga: Inilah Penetapan Idul Fitri 1443; Versi Kemenag, NU dan Muhammadiyah

Apapun pilihan itu, semoga selalu Allah berkahi dan ridhoi. Maka, menginvestasikan waktu dalam kebaikan adalah sebaik-baik pilihan. Sadarilah  kesempatan berbagi bukan hanya untuk mereka yang kaya materi, berbagi bukan hanya untuk mereka yang digit rupiahnya tak terhitung lagi.

Setiap kita, selalu punya kesempatan untuk berbagi. Salah satu caranya adalah dengan berkolaborasi dengan teman-teman yang satu visi. Sebut saja, komunitas jendela prestasi yang digagas oleh seorang pemuda.

Komunitas yang digagasnya ternyata bukan sekadar bergerak di bidang karya dan prestasi, di bulan Ramadhan ini mereka juga manfaatkan untuk terus berbagi dengan orang-orang yang berpuasa.

Baca Juga: Syariat Keharusan Kita Berhati-hati dengan Prasangka

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x