Sabda Rasulullah; Aku Pintunya Ilmu dan Ali Adalah Kuncinya

- 2 Mei 2022, 05:44 WIB
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd
Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd /dok pribadi/

Ngaji Bareng |.| Ustadz Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.

ALKISAH, Rasulullah SAW bersabda, “Aku adalah pintunya ilmu, dan Ali (Ali Bin Abi Thalib) adalah kuncinya”. Ya, Ali bin Abi Thalib karamallahu wajhah merupakan sahabat dan menantu Baginda Nabi.

Dikisahkan, Nabi Muhammad SAW merupakan pintu ilmu yang sangat luas. Ia sebagai bekal dunia akhirat sebagaimana pernah disabdakan, kunci ilmu dimiliki oleh sahabat Ali. Hati mana yang tak penasaran mendengar sabda Rasul tersebut.

Pun dengan gerombolan orang-orang Khawarij. Mereka gusar tiada tara tatkala mendengar kabar hadits ini. Kemudian mendorong mereka berniat menguji kebenaran hadis kepada Rasulullah secara langsung. Dikumpulkanlah tujuh orang dari golongan mereka.

Baca Juga: Khutbah Shalat Idul Fitri 1443 H: Istiqomah Setelah Ramadhan, Tanda Ibadahmu Diterima Allah SWT

“Jika Ali sebagai kunci ilmu, maka ketika kita beri pertanyaan yang sama tentu jawabannya juga sama”.

Salah seorang dari mereka mengawali pembicaraan. “Ya, benar kamu. Tidak mungkin seseorang yang dianggap kuncinya ilmu akan menjawab dengan jawaban yang berbeda-beda. Jika memang benar ia kuncinya ilmu,” yang lain menimpali.

Disusunlah strategi, rencana matang, “Mari kita uji dengan memberikan pertanyaan yang sama, namun dari orang yang berbeda-beda,” usul salah seorang dari ketujuh khawarij tersebut.

Baca Juga: Ngaji Jiwa Jawi; Memaknai Falsafah Filosofi Ketupat Lebaran

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x