Khutbah Shalat Idul Fitri 1443 H: Istiqomah Setelah Ramadhan, Tanda Ibadahmu Diterima Allah SWT

- 2 Mei 2022, 02:12 WIB
Istiqomah setelah Ramadhan.
Istiqomah setelah Ramadhan. /Freepik

KARANGANYARNEWS – Bulan Ramadhan sudah meninggalkan kita. Semoga kita tidak termasuk orang-orang yang celaka karena tidak mendapatkan ampunan Allah SWT.

Disebutkan dalam doa malaikat Jibril ‘alaihissalam yang diamini Rasulullah SAW: “Celakalah seorang hamba yang mendapati bulan Ramadhan kemudian Ramadhan berlalu dalam keadaan dosa-dosanya belum diampuni (oleh Allah Ta’ala ).”

Karena memohonlah dengan sungguh-sungguh kepada Allah agar Dia menerima amal kebaikan kita di bulan Ramadhan yang baru lewat.

Baca Juga: Khutbah Sholat Idul Fitri 1443 H; Islamofobia Musuh Bangsa yang Beradab

Imam Mu’alla bin al-Fadhl berkata: “Dulunya (para salaf) berdoa kepada Allah Ta’ala (selama) enam bulan agar Allah mempertemukan mereka dengan bulan Ramadhan.

Mereka kemudian mereka berdoa kepada-Nya (selama) enam bulan (berikutnya) agar Dia menerima (amal-amal shalih) yang mereka (kerjakan)”.

Apa yang tertinggal dalam diri kita setelah Ramadhan berlalu? Bekas-bekas kebaikan apa yang terlihat pada diri kita setelah bulan puasa lewat?

Baca Juga: Ngaji Jiwa Jawi; Memaknai Falsafah Filosofi Ketupat Lebaran

Imam Bisyr bin al-Harits al-Hafi pernah ditanya tentang orang-orang yang hanya rajin dan sungguh-sungguh beribadah di bulan Ramadhan, maka jawabnya:

Halaman:

Editor: Ken Maesa Pamenang


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah