Tausiah Hari Ini; Jangan Merendahkan Orang Lain, Meski Dalam Hati

- 31 Mei 2022, 17:40 WIB
Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd.
Drs. H. Moch Isnaeni, M.Pd. /dok pribadi/

Tausiah |.| Ustadz Moch Isnaeni

SUATU hari di tepi sungai Dajlah, Hasan al-Basri seorang Sufi besar melihat seorang pemuda duduk berdua-duaan dengan seorang perempuan.

Dia lihatnya juga, di sisi mereka terletak sebotol arak. Mengetahui hal itu, Hasan berbisik dalam hatinya, “Alangkah buruk akhlak orang itu dan baiknya kalau dia seperti aku..!”

Tiba-tiba Hasan melihat sebuah perahu di tepi sungai yang sedang tenggelam, laki-laki yang duduk di tepi sungai tadi bergegas terjun untuk menolong penumpang perahu yang hampir lemas. Dikisahkan, enam dari tujuh penumpang itu berhasil diselamatkan.

Baca Juga: Tausiah Hari Ini; Kisah Penista Adzan di Jaman Rasulullah

Kemudian dia berpaling ke arah Hasan al-Basri dan berkata, “Jika engkau memang lebih mulia daripada saya, maka dengan nama Allah selamatkan seorang lagi yang belum sempat saya tolong. Engkau diminta untuk menyelamatkan satu orang saja, sedang saya telah menyelamatkan enam orang”.

Bagaimanapun Hasan al-Basri gagal menyelamatkan yang seorang itu, maka laki-laki itu berkata padanya, “Tuan, sebenarnya perempuan yang duduk di samping saya ini adalah ibu saya sendiri, sedangkan botol itu hanya berisi air biasa, bukan anggur atau arak”.

Hasan al-Basri tertegun lalu berkata, “Kalau begitu, sebagaimana engkau telah menyelamatkan enam orang tadi dari bahaya tenggelam ke dalam sungai, maka selamatkanlah saya dari tenggelam dalam kebanggaan dan kesombongan.”

Baca Juga: Ngaji Jiwa Jawi; Eling Pepeling Filosofi Caping

Halaman:

Editor: Kustawa Esye


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x