Penyebab Posisi Bayi Sungsang di dalam Kandungan dan Jenisnya

- 17 Oktober 2023, 23:51 WIB
Penyebab posisi bayi sungsang di dalam kandungan dan jenisnya. Hal ini terjadi lantaran menjelang hari kelahiran, tubuh bayi akan terus bergerak. (Foto: Pixabay/Cparks)
Penyebab posisi bayi sungsang di dalam kandungan dan jenisnya. Hal ini terjadi lantaran menjelang hari kelahiran, tubuh bayi akan terus bergerak. (Foto: Pixabay/Cparks) /

KARANGANYARNEWS Penyebab Posisi Bayi Sungsang di dalam Kandungan dan Jenisnya. Proses persalinan dialami setiap wanita umumnya tidak selalu sama. Ada kalanya seorang wanita melahirkan tanpa mengalami kendala berarti, namun tak sedikit pula di antara ibu hamil harus melewati proses persalinan dengan susah payah.

Salah satu permasalahan yang kerap kali muncul adalah posisi bayi sungsang. Hal ini terjadi lantaran menjelang hari kelahiran, tubuh bayi akan terus bergerak dan berpindah posisi di dalam kandungan.

Pada kondisi normal, posisi kepala bayi berada di bawah dekat organ reproduksi wanita. Namun pada kasus bayi sungsang ini kepala bayi justru berada di rahim bagian atas sehingga sulit untuk dilahirkan.   

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Memulai KB usai Melahirkan? Simak Jawabnya di Sini

Perlu diketahui Moms, selama kehamilan posisi kepala bayi biasanya berada di atas dan kaki di bawah.

Menjelang waktu persalinan atau pada usia kehamilan sekira 36 minggu, posisi bayi di dalam kandungan akan berubah. Jika semula posisi kepala ada di atas akan berubah sebaliknya.

Pada kondisi tertentu, terkadang bayi berada dalam posisi sungsang di mana kepala berada di atas.

Dalam dunia medis dikenal tiga jenis posisi bayi sungsang, yakni sungsang frank (frank breech), sungsang lengkap (complete breech), dan sungsang tidak lengkap (incomplete breech).

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x