Kapan Waktu yang Tepat untuk Memulai KB usai Melahirkan? Simak Jawabnya di Sini

- 17 Oktober 2023, 23:34 WIB
Perlu direncanakan kapan waktu yang tepat untuk memulai KB usai melahirkan serta jenis kontrasepsi apa yang pas untuk digunakan. (Foto: Pixabay/Maria-Domnina)
Perlu direncanakan kapan waktu yang tepat untuk memulai KB usai melahirkan serta jenis kontrasepsi apa yang pas untuk digunakan. (Foto: Pixabay/Maria-Domnina) /

KARANGANYARNEWS Kapan Waktu yang Tepat untuk Memulai KB usai Melahirkan? Banyak di antara kalangan wanita lupa betapa pentingnya ber-KB usai melahirkan, lantaran berpikir setelah masa nifas organ reproduksi tak langsung bisa ovulasi. Padahal sejatinya, ovulasi pertama rata-rata terjadi pada 45 hari pascapersalinan.

Saat ini KB digunakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan keselamatan ibu dan bayi dengan cara pengaturan jarak kelahiran.

Oleh sebab itu, perlu direncanakan kapan waktu tepat untuk ber-KB usai melahirkan serta jenis kontrasepsi apa yang pas untuk digunakan.

Baca Juga: 5 Terapi usai Keguguran Efektif Membantu Pemulihan, Bisa Dicoba Bun!

  1. Waktu yang tepat untuk ber-KB

Waktu mulai memakai alat KB setelah melahirkan antara seorang ibu dengan wanita lainnya bisa jadi akan berbeda.

Kondisi ini bergantung pada kesiapan dan bagaimana rutinitas menyusui bayi. Hindari pula memilih KB yang mungkin kurang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Saat merencanakan KB, waktu paling tepat untuk melaksanakan program itu adalah sesaat setelah melahirkan.

Baca Juga: Apple iPhone 15 Pro vs Apple iPhone 14 Pro, Mana yang Lebih Bagus?

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x