Usus Buntu saat Hamil, Amankah? Ini Jawabnya

- 5 Oktober 2023, 22:56 WIB
Usus buntu saat hamil, amankah. Usus buntu menjadi salah satu masalah krusial bagi wanita hamil karena biasanya penyakit ini mengalami keterlambatan diagnosis. (Foto: Pixabay/Fezailc)
Usus buntu saat hamil, amankah. Usus buntu menjadi salah satu masalah krusial bagi wanita hamil karena biasanya penyakit ini mengalami keterlambatan diagnosis. (Foto: Pixabay/Fezailc) /

KARANGANYARNEWS Usus Buntu saat Hamil, Amankah? Ini Jawabnya. Siapa sih yang menginginkan ada penyakit dalam tubuhnya? Tentu semua orang tak mau menderita penyakit seringan apa pun dong ya. Kendati demikian, lantaran gaya hidup maupun pola makan tak sehat, berbagai penyakit bisa menyerang tanpa pandang bulu, termasuk pada wanita hamil sekalipun.

Salah satu jenis gangguan yang kerap terjadi pada wanita hamil adalah masalah pencernaan, yakni usus buntu.

Penyakit usus buntu merupakan suatu kondisi yang terjadi saat Anda mengalami peradangan pada usus buntu.

Usus buntu menjadi salah satu masalah krusial bagi wanita hamil karena biasanya penyakit ini mengalami keterlambatan diagnosis. Lantas yang jadi pertanyaan, aman nggak sih jika usus buntu dialami ibu hamil?

Baca Juga: Hubungan Seks saat Hamil Tua Bisa Picu Persalinan, Mitos atau Fakta?

Usus buntu atau apendisitis yang diderita wanita hamil umumnya memiliki gejala nyeri di sekitar perut kanan bawah.

Jika Moms merasakan keluhan ini, dokter biasanya akan mengambil tindakan lewat ultrasonografi (USG) sebagai langkah awal diagnosis.

Tindakan ini umumnya dilakukan di trimester pertama atau dua kehamilan. Apabila gejala muncul di trimester tiga kehamilan dokter akan melakukan prosedur MRI ata CT scan untuk mendapatkan diagnosis lebih akurat.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x