Ngeri! Agresi Rusia Incar Pembangkit Nuklir Chernobyl

- 25 Februari 2022, 17:05 WIB
Pembangkit nuklir Chernobyl menjadi target Rusia saat menginvasi Ukraina. Pertempuran pecah antara dua kubu di lokasi radioaktif yang masih bocor dari bencana nuklir terburuk dalam sejarah 36 tahun lalu. (Foto: Pixabay/Defence-Imagery)
Pembangkit nuklir Chernobyl menjadi target Rusia saat menginvasi Ukraina. Pertempuran pecah antara dua kubu di lokasi radioaktif yang masih bocor dari bencana nuklir terburuk dalam sejarah 36 tahun lalu. (Foto: Pixabay/Defence-Imagery) /

KARANGANYARNEWS - Pembangkit nuklir Chernobyl menjadi target Rusia saat menginvasi Ukraina.

Pertempuran pecah antara dua kubu di lokasi radioaktif yang masih bocor dari bencana nuklir terburuk dalam sejarah 36 tahun lalu.

Melansir Al Jazeera, Jumat, 25 Februari 2022, Penasihat Presiden Ukraina, Mykhailo Podolyak, mengungkapkan pasukan Rusia mengambil alih situs tersebut setelah pertempuran sengit pada Kamis, 24 Februari 2022, dengan penjaga nasional Ukraina melindungi pabrik yang dinonaktifkan.

Kondisi fasilitas pembangkit, tempat penampungan, dan gudang limbah nuklir tidak diketahui.

Baca Juga: Pembelaan Kemenag Soal Yaqut Disebut Bandingkan Suara Azan dengan Gonggongan Anjing

Di lain pihak, mantan penasihat Presiden Volodymyr Zelenskyy, Igor Novikov, mengatakan ancaman ke Eropa dari fasilitas nuklir yang tidak mampu itu perlu ditanggapi dengan sangat serius.

“Saya akan mengatakan pertama dan terutama kami membutuhkan bantuan untuk menjelaskan bahayanya kepada teman-teman kami di Barat. Maksud saya, Ukraina memiliki 15 reaktor nuklir aktif dan limbah nuklir di Chernobyl: satu mortir meleset, dan semua orang di Eropa menghadapi bencana nuklir besar,” kata Novikov kepada Al Jazeera.

“Saya akan meminta semua pihak untuk berbicara dengan perwakilan politik Anda, teman, dan rekan Anda. Semua orang harus memahami bahwa ini bukan hanya tentang Ukraina, seluruh Eropa berada dalam bahaya besar,” ujarnya.

Seorang pejabat yang mengetahui penilaian saat ini mengatakan serangan Rusia menghantam gudang limbah radioaktif di Chernobyl, dan peningkatan tingkat radiasi dilaporkan.

Halaman:

Editor: Andi Penowo

Sumber: Al Jazeera


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x